Kodam V/Brawijaya

Pakai Alsintan Combine Panen Lebih Cepat

Dibaca: 102 Oleh 10 Jul 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

(Surabaya,10/07) Kelompok Tani (Poktan) Banyu Urip hari Kamis (09.07.2015) terlihat berbeda saat memanen padi di sawah milik Bu Ma’i (46 tahun) salah satu anggotanya di Dusun Tlagah Desa Banyubulu Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Di sawah seluas 5000 m2, dilaksanakan panen padi sekaligus menjajal Alsintan yang baru diterima berupa alat panen padi kombinasi (Cobine Paddy Harvest).

Alat panen yang merupakan kombinasi antara pemotong dan perontok padi (thrasher) serta bisa berjalan dengan mesin beroda rantai seperti roda tank, dicobakan untuk kali pertama setelah diterima pada hari Jum’at (03.07.2015) minggu yang lalu.

Menurut Sertu Agus Dwi Babinsa Banyubulu Koramil 0826/03 Proppo saat pendampingan panen padi, mengatakan bahwa dengan Alsintan (combine) ini mempercepat dan mempermudah pemanenan padi. “Proses panen lebih cepat, pengoperasiannya juga mudah, sehingga petani tidak ada kesulitan” terang Sertu Agus.

Ketua Poktan H. Munikrah mewakili anggota kelompoknya mengucapkan banyak berterimakasih kepada TNI khususnya Babinsa. “Dengan adanya pendampingan dari TNI, Alsintan maupun pupuk semakin lancar dan petani semakin bersemangat untuk bercocok tanam” tutur Munikrah.

Sementara itu menurut ibu Lilik Petugas Penyuluh Lapangan Desa Banyubulu menerangkan bahwa dengan Alsintan (combine) ini, padi yang dipanen hasilnya langsung menjadi gabah bersih. “Kotoran dan gabah kosong langsung terbuang keluar bersama batang padi” jelas Lilik.(Pen084/MA).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel