Berita Satuan

Pamtas Yonif Raider Kostrad Gelar Siskamling Bersama Masyarakat

Dibaca: 39 Oleh 05 Jan 2016Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Keamanan dan ketertiban masyarakat yang selanjutnya disingkat Kamtibmas adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembagunan nasional yang ditandai dengan terjaminnya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam mencegah, menangkal dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat dalam menjalankan kegiatan kehidupannya.

Keamanan adalah suatu kondisi di masyarakat yang bebas dari gangguan Fisik maupun psikis, bebas dari kekwatiran, keraguan dan ketakutan, dilindungi dari segala macam bahaya serta kedamaian dan ketentraman lahiriah maupun batiniah. Sistem Keamanan Lingkungan yang selanjutnya disingkat Siskamling adalah suatu kesatuan yang meliputi komponen-komponen yang saling bergantung dan berhubungan serta saling mempengaruhi yang menghasilkan daya kemampuan untuk digunakan sebagai salah   satu   upaya  untuk   memenuhi   tuntutan  kebutuhan   akan   kondisi  keamanan  dan  ketertiban di lingkungan.

Guna menekan angka kriminalitas di wilayah perbatasan semenjak awal tahun baru 2016 pos KM. 27 satgas Pamtas Yonif Raider 411/Kostrad dibawah pimpinan Letda Inf Ramadhani bersama masyarakat kampung swakarsa, Distrik Muaratami bersepakat untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Danpos KM. 27 mengatakan bahwa giat Siskamling, selain untuk menekan angka kriminalitas juga dapat membantu warga yang membutuhkan pertolongan. Setiap warga yang sudah dewasa mempunyai jadwal untuk giat Siskamling yang digilir setiap satu minggu sekali. Kegiatan Siskamling ini, juga dapat membantu warga di kala membutuhkan pertolongan, seperti ditengah malam ada ibu yang mau melahirkan, atau ada warga yang sakit, ungkap Danpos muda jebolan Akmil 2014 ini.

Sementara itu, salah seorang warga Kampung Koya Swakarsa, mengatakan bahwa dengan turun langsungnya bapak dari pos, dapat memotivasi warga untuk turut giat melaksanakan Siskamling. Demi menjalin rasa kebersamaan dan terciptanya keamanan lingkungan, memang perlu dilaksanakan giat Siskamling seperti ini, ungkap warga salah seorang warga juga menambahkan bahwa warga di Kampung ini sudah berkomitmen untuk setiap malam selalu rutin akan melaksanakan kegiatan ini untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, disamping untuk memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat kegiatan ini juga sebagai ajang silaturrahmi antara masyarakat sekitar dan juga aparat keamanan seperti TNI dan POLRI.       (Sumber: HU Pelita)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel