Skip to main content
Kodam IX/Udayana

Pangdam IX/Udayana Resmikan Pompa Hidram Pertanian Pertama di Rote Ndao

Dibaca: 25 Oleh 07 Jul 2022Tidak ada komentar
Pangdam IX/Udayana Resmikan Pompa Hidram Pertanian Pertama di Rote Ndao
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Program Pompa Hidram, manfaatnya dapat dirasakan langsung secara maksimal oleh masyarakat, sehingga Pompa Hidram yang berada di Desa Kolobolon, Kecamatan Lobalain Timur, Kabupaten Rote Ndao Provinsi NTT ini merupakan Pompa Hidram untuk pertanian pertama yang diresmikan oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M.

Dalam agenda kunjungan kerjanya usai memberikan pengarahan di Kodim 1627/Rote Ndao, pada Senin (4/7/2022), Pangdam IX/Udayana beserta rombongan tiba di lokasi Pompa Hidram dan disambut hangat oleh masyarakat dengan tarian Kabalai serta penyematan Topi Tii Langga dan pengalungan Selendang Adat Rote oleh Wakil Bupati Rote Ndao Drs. Stefanus M. Saek, S.E., M.Si.

Pangdam IX/Udayana Resmikan Pompa Hidram Pertanian Pertama di Rote Ndao

Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana mengatakan bahwa selain untuk mengairi persawahan, Pompa Hidram ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan warga, terutama mengatasi stunting bagi anak-anak dan ibu hamil, termasuk untuk peternakan, sehingga dampak kesejahteraan warga akan semakin meningkat.

“Saya berharap Pompa Hidram pertanian ini, nantinya dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dalam bercocok tanam, yang tadinya setahun hanya satu kali, nantinya akan meningkat menjadi dua kali dalam setahun, termasuk untuk tanaman yang ada di pekarangan warga,” ujar Pangdam.

Baca juga:  Danrem 162/WB Pimpin Sertijab Dandim 1606/Mataram

Lebih lanjut Pangdam mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit yang berada di jajaran Kodam IX/Udayana, atas pengerjaan Pompa Hidram ini sehingga selesai tepat waktu. Ke depan, rencananya akan dibangun lagi pompa-pompa Hidram untuk pertanian di seluruh wilayah NTT khususnya di Kabupaten Rote Ndao.Pangdam IX/Udayana Resmikan Pompa Hidram Pertanian Pertama di Rote Ndao

“Inilah salah satu bentuk program TNI khususnya Kodam IX/Udayana dalam mengatasi permasalahan rakyat di sekitarnya, terutama dalam mengatasi permasalahan pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan, termasuk mengatasi kasus stunting,” demikian pungkas Pangdam.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Rote Ndao Drs. Stefanus M. Saek, S.E., M.Si., mengucapkan selamat datang kepada Pangdam IX/Udayana beserta rombongan di Bumi Rote Ndao. Dikatakannya, masyarakat dan Pemerintah Daerah sangat mendukung dalam menyukseskan program dan pembangunan Pompa Hidram Pertanian yang dicanangkan oleh Kodam IX/Udayana.

“Terima kasih Bapak Pangdam dan pihak TNI AD yang telah membangun Pompa Hidram untuk pertanian di Desa Kolobolon. Kami berharap Pompa Hidram ini terus dirawat dan dipelihara oleh masyarakat sehingga dapat digunakan lebih lama,” tutur Wabup.

Baca juga:  Pangdam IX/Udayana Terima Kunjungan Kepala RRI Stasiun Denpasar

Senada dengan Wabup Rote Ndao, Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao, Alfred Daudila, S.Pd., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pangdam IX/Udayana dan jajarannya yang telah membangun dan meresmikan Pompa Hidram di Desa Kolobolon.

Pangdam IX/Udayana Resmikan Pompa Hidram Pertanian Pertama di Rote Ndao

“Pompa Hidram ini manfaatnya akan sangat dirasakan sekali oleh warga. Merupakan mukzizat bagi masyarakat Kolobolon yang sudah sangat lama mendambakan program ini. Kami juga merasa bangga, semenjak berdirinya Kodim di Rote Ndao, sudah banyak anak-anak asli daerah kami yang telah menjadi anggota TNI AD,” ujarnya.

Untuk diketahui, sumber titik air yang digunakan untuk Pompa Hidram di Desa Kolobolon tersebut menempuh jarak sekitar 1.8 Km untuk sampai ke bak penampungan primer, kemudian dilanjutkan ke embung pertanian yang berjumlah sembilan buah embung. Saat ini sudah terisi dua buah embung yang mampu mengairi persawahan seluas 150 Ha.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pangdam IX/Udayana dan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Rote Ndao serta sesi foto bersama. Peresmian dihadiri juga oleh Danrem 161/WS, Aster Kasdam IX/Udy, Kapendam IX/Udy, Kepala BNN Rote Ndao, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat serta Forkopimkab Rote Ndao. (Dispenad)

Baca juga:  50 Pembalap Berlaga di Kejurnas Grasstrack dan Motocross Perebutkan Piala Danrem 163

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel