Skip to main content
Kostrad

Pangdivif 1 Kostrad Berikan Penghargaan Prajuritnya Yang Amankan Anggota Geng Motor

Dibaca: 262 Oleh 27 Des 2022Tidak ada komentar
Pangdivif 1 Kostrad Berikan Penghargaan Prajuritnya Yang Amankan Anggota Geng Motor
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P. mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada salah satu prajurit Kostrad Pratu M. Hafifi yang berasal dari satuan Detasemen Markas (Denma) Divif 1 Kostrad karena berhasil mengamankan tiga orang geng motor bersenjata tajam di Desa Kutruk Kab. Tangerang.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Divif 1 Kostrad, Selasa (27/12/2022), pemberian penghargaan tersebut dilakukan di Lobby Markas Divif 1 Kostrad, Kec. Cilodong, Kota Depok Jawa Barat. Senin (26/12/2022)

Pemberian penghargaan tersebut bukan tanpa alasan, karena pada tanggal 25 Desember 2022 dini hari pukul 02.45 WIB, Pratu M. Hafifi anggota Denma Divif 1 Kostrad telah berhasil menangkap dan mengamankan tiga pelaku geng motor di daerah Desa Kutruk, Kec. Jambe Kab. Tangerang yang mana pada saat itu Pratu Muhammad Hafifi dalam perjalanan menuju arah pulang ke rumah orang tuanya untuk mengantarkan obat orangtuanya yang berdomisili di daerah Tenjo Kabupaten Bogor (Perbatasan Tangerang – Bogor).

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi saya terhadap anggota yang berani mengambil resiko keselamatan dirinya untuk masyarakat. Dan saya berharap, prajrurit Divif 1 Kostrad dapat selalu menjadi penggerak untuk mengatasi berbagai permasalahan masyarakat, ” tegas Mayjen Bobby Rinal Makmun saat memberikan penghargaan.

Baca juga:  Tanamkan Hidup Sehat, Satgas Yonif 725 Ajarkan Anak-Anak Perbatasan Rawat Gigi

Sementara itu, Pratu M. Hafifi menceritakan kronoligis kejadian bahwa saat berhenti di jalan wilayah Desa Kutruk mendapat informasi dari warga yang melihat segerombolan orang yang diduga kelompok geng motor berjumlah kurang lebih 13 orang sedang melaksanakan aksi penghadangan dan upaya pembacokan kepada pengguna jalan secara acak tepatnya di depan Alfamart wilayah Desa Kutruk.

Mendengar hal tersebut Pratu Muhamad Hafifi terketuk hatinya untuk membantu masyarakat dan Pratu M. Hafifi memutuskan untuk berhenti di lokasi yang berseberangan kurang lebih berjarak 10 meter dari posisi geng motor tersebut.

Sesaat setelah berhenti, Pratu M. Hafifi melihat sebagian yang diduga anggota geng motor tersebut memisahkan diri dari kelompoknya untuk membeli rokok di warung sembako yang kebetulan posisinya berada di depan lokasi Pratu M. Hafifi berhenti. Kemudian Pratu M. Hafifi berinisiatif untuk mendatangi dan bertanya kepada 6 orang yang diduga anggota geng motor tersebut karena kecurigaan atas gerak gerik salah satu yang diduga geng motor tersebut membawa senjata tajam.

Baca juga:  Lagi, Satgas Pamtas 501 Kostrad Amankan 2 Pemuda Papua Bawa Ganja

Setelah mendengar pertanyaan dari Pratu M. Hafifi, keenam terduga anggota geng motor tersebut melarikan diri, dan Pratu M. Hafifi berhasil mengamankan 3 orang terduga kelompok geng motor bersama dengan masyarakat.

Ketiga terduga kelompok geng motor tersebut langsung diserahkan ke Polres Tangerang untuk diamankan beserta barang bukti senjata tajam berupa clurit, klewang dan pedang.

Saat dikonfirmasi, Ketua RT 003/001 Desa Kutruk Kec. Jambe Manaf yang saat kejadian berada di lokasi menyampaikan bahwa di daerah tersebut sering menjadi perlintasan anggota geng motor yang sangat meresahkan masyarakat.

“Selama ini masyarakat tidak berani untuk melarang atau membubarkan geng motor yang sedang melakukan aksinya dikarenakan anggota geng motor tersebut banyak yang membawa senjata tajam dan dalam pengaruh alkohol, ” ungkapnya.

“Saya merasa salut dan berterima kasih kepada Bapak TNI yang telah berani untuk membubarkan dan mengamankan beberapa orang kelompok geng motor, karena selama ini perbuatan geng motor tersebut sangat meresahkan masyarakat dan tidak ada yang berani untuk melawan, ” turur Manaf.

Baca juga:  DENPAL DIVIF 2 KOSTRAD PERINGATI HUT YANG KE-7

Sementara itu Komandan Denma Divif 1 Kostrad Letkol Inf Tarman Wicaksono mengatakan bahwa tindakan yg dilakukan oleh Pratu M.Hafifi murni didorong oleh rasa kepeduliannya terhadap perilaku geng motor yang sudah meresahkan masyarakat, hal tersebut sesuai dengam tujuh perintah Kasad yang salah satunya adalah bahwa prajurit TNI AD harus berada ditengah-tengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel