Kodam III/Siliwangi

Para Perwira Kodam III/Slw Dapat Pembekalan Doktrin KEP

Dibaca: 2824 Oleh 16 Jun 2014Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Suyatno, S.E., M.Sc., membuka Sosialisasi Doktrin TNI Angkatan Darat “Kartika Eka Paksi” (KEP) bertempat di Aula Manunggal Denma Kodam III/ Siliwangi Jalan Kalimantan No 14 Bandung, Jumat (13/06/2014).

Kegiatan Sosialisasi Doktrin Kartika Eka Paksi (KEP) yang dilaksanakan satu hari diikuti oleh  200 peserta terdiri dari para Pama dan Pamen  di lingkungan Kodam III/Siliwangi. Tim sosialisasi sekaligus sebagai nara sumber pada kegiatan tersebut,  Paban IV/ Bindok Sopsad Kolonel Inf Ranto Parulian Silaban.    Turut hadir pada acara tersebut, para Asisten, Dansat dan para Kabalak Jajaran Kodam III/Siliwangi.

Pangdam III/Siliwangi  Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi  Brigjen TNI Suyatno, S.E., M.Sc. mengatakan  Doktrin Angkatan Darat “Kartika Eka Paksi” merupakan pedoman yang berisikan hal-hal penting yang diyakini kebenarannya, bersifat tidak dogmatis, sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis, dilandasi pengalaman sejarah serta berpegang teguh pada prinsip perjuangan TNI Angkatan Darat.

Diungkapkan Pangdam, secara filosofis Doktrin Kartika Eka Paksi berisikan pendoman-pedoman utama, dasar, asas dan prinsip dalam mewujudkan institusi TNI Angkatan Darat yang kuat dan senantiasa menjunjung tinggi cita-citanya, yaitu keluhuran nusa dan bangsa serta keprajuritan sejati untuk menjawab panggilan tugas Ibu Pertiwi.

Materi yang diberikan dalam Doktrin Kartika Eka Paksi menurut Pangdam meliputi empat hal, yaitu pertama, latar belakang, hakikat, kedudukan dan landasan Doktrin. Kedua, peran dan tugas serta fungsi TNI Agkatan Darat. Ketiga, Hakikat  ancaman, konflik dan perang. Terakhir, pembinaan, penggunaan dan wewenang TNI Angkatan Darat.

Pangdam mengharapkan para perwira dapat memahami materi yang disampaikan dan aktif bertanya terhadap segala hal yang kurang dipahami terkait dengan Doktrin Kartika Eka Paksi, sehingga mampu memberikan pencerahan yang dapat digunakan sebagai pedoman dan mengaplikasikannya  dalam melaksanakan tugas pokok di satuan masing-masing. (Pendam III/Slw)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel