Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Penanaman Mangrove Secara Serentak di Wilayah Kodim 0819/Pasuruan

Dibaca: 18 Oleh 05 Mar 2022Tidak ada komentar
Penanaman Mangrove Secara Serentak di Wilayah Kodim 0819/Pasuruan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id- Dalam rangka pencanangan program penanaman pohon Mangrove secara serentak di wilayah Kodam V/Brawijaya tahun 2022 , Dandim 0819/Pasuruan Letkol Inf Nyarman, M.Tr (Han) memimpin langsung kegiatan penanaman pohon Mangrove wilayah teritorialnya di Pantai Semare Desa Semare Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Jumat (4/3/2022)

Kegiatan penanaman Mangrove ini dihadiri oleh Bupati Pasuruan Kapolresta Pasuruan, Kejari Kota Pasuruan, diikuti Kasdim 0819/Pasuruan didampingi para Danramil dan anggota jajaran Koramil, Saka Wira Pramuka binaan Kodim 0819 Pasuruan serta para relawan dan masyarakat sekitar.

Penanaman Mangrove Secara Serentak di Wilayah Kodim 0819/Pasuruan

Dandim 0819/Pasuruan, Letkol Inf Nyarman, M.Tr. (Han) mengatakan, penanaman pohon Mangrove ini sebagai upaya untuk mencegah abrasi serta kerusakan di sekitar pesisir pantai terutama di sepanjang Pantai Pasuruan guna menjaga kelestarian ekosistem lingkungan hidup dan biota laut.

Penanaman pohon Mangrove dilaksanakan serentak dipantau langsung oleh Panglima Kodam V/Brawijaya melalui vicon yang digelar saat itu.

Pangdam V/ Brawijaya memberikan beberapa atensi antara lain bahwa wilayah laut mulai terancam dengan ketidakseimbangan ekosistem maka perlu dirawat salah satunya dengan menanam pohon mangrove untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Penanaman ini sebagai pencegahan induksi air laut kedaratan serta penyaring alami dari limbah yang masuk ke laut. Penanaman Mangrove ini merupakan komitmen Kodam V/Brawijaya membantu Pemerintah dan membantu pelestarian alam Indonesia khususnya di wilayah Jawa Timur.

Penanaman Mangrove Secara Serentak di Wilayah Kodim 0819/Pasuruan

Dalam kegiatan penanaman pohon bakau atau Mangrove tersebut mencapai 4000 batang bibit pohon baru yang sudah tertanam di hamparan sepanjang pantai Desa Semare.

“Untuk itu, kita laksanakan penanaman pohon Mangrove secara serentak ini dengan penuh semangat, saya juga mengingatkan serta mengajak kepada seluruh warga agar lebih peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita ini, ” pungkas Dandim.

Kepedulian dengan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama, yang menjadi program pembinaan lingkungan hidup di wilayah Kodim 0819/Pasuruan, serta bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memperkokoh kemanunggalan TNI-rakyat. (Dispenad)

Kirim Tanggapan