Kodam IV/Diponegoro

Penyerahan Alsintan Koramil 01

Dibaca: 44 Oleh 30 Mei 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Dalam rangka menunjang Program Pemerintah tentang Ketahanan Pangan Upsus Pajale. Pemerintah memberikan subsidi berupa mesin perontok jagung   kepada kelompok tani , senin (30/5). Alsintan diberikan oleh Dinas Pertanian, yang diterima oleh ketua kelompok tani Makmur. Yang menyerahkan alsintan dari Dinas Pertanian bapak Sumanto

Pemberian subsidi alsintan sejumlah 1 unit mesin perontok jagung yang di berikan kepada  kelompok tani Makmur di terima oleh Sutiyoso sebagai ketua kelompok tani, di  Desa Tawangsari Kecamatan Wonosobo.  . Penyerahan alsintan oleh bapak Sumanto dari Dinas Pertanian dan Peternakan, di damping oleh PPL Desa Tawangsari Tugiman dan Babinsa Sertu Panggeh.

Pemberian alsintan ini.  Babinsa berharap dengan telah diterimanya alsintan supaya dirawat dengan baik, sehingga usia pakai akan lama. Dan bisa membantu  para petani dalam memproses hasil panennya, terutama jagung.  Pesan Sertu Panggeh supaya di infentarisir sehingga seluruh asset yang dimiliki Gapoktan mempunyai data yang akurat, serta dijaga kebersihan dan perawatannya . Bersihkan alat yang sudah dipakai biar tidak timbul karat, pelumasan juga penting karena komponen yang ada semua bergerak. Jangan sampai pelumasan kurang, seringnya kena gesekan akan menjadi aus.

Alsintan diberikan secara cuma-cuma kepada kelompok tani, sudah sepantasnyalah untuk hasil panen jagung dapat mendukung program pemerintah di sektor pertanian selain tanaman padi , papar Panggeh. Sehingga terjadi timbal balik antara Pemerintah dan para Petani, banyak juga subsidi yang lain . Seperti bibit, pupuk, dan alsintan yang lain namun kadang para petani hanya mau menerima pemberian bantuan dari Pemerintah saja.  Tanaman jagung dapat di konsumsi pengganti beras, yang juga menambah pendapatan dan penghasilan petani. Dengan kerjasama dan koordinasi yang baik, sehingga penyerahan bantuan Alsintan dapat di realisasikan pada petani yang tergabung dalam kelompok tani Makmur, Babinsa selalu siap membantu dan mendukung petani guna mensukseskan ketahanan pangan nasional.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel