Berita Satuan

Pertahankan Kearifan Lokal dan Budaya Adat, Satgas Yonif 611/Awang Long Kenalkan Pakaian Tradisional Suku Yeinan

Dibaca: 12 Oleh 29 Mar 2021Tidak ada komentar
Pertahankan Kearifan Lokal dan Budaya Adat, Satgas Yonif 611/Awang Long Kenalkan Pakaian Tradisional Suku Yeinan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Di era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi menjadi semakin pesat, sehingga berdampak pada adat dan budaya asli nusantara yang kian tergerus dan perlahan terlupakan.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/03/2021), Dansatgas Yonif 611/Awang Long Mayor Inf Albert Frantesca menekankan kepada seluruh jajarannya.

“Satgas Yonif 611/Awang Long harus berperan semaksimal mungkin dalam mencegah hilangnya budaya luhur nusantara di era globalisasi saat ini, ” tegas Danstagas.

Lebih lanjut dikatakan, peran Satuan tugas TNI dimanapun ditugaskan, harus menghormati budaya dan kearifan lokal, serta mendorong pelestariannya.

“ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap pelestarian budaya setempat, yang merupakan warisan leluhur serta menjadi kekayaan budaya Indonesia, “ tuturnya.

Berdasarkan penekanan Dansatgas Yonif 611/Awang Long, Pos Toray yang dipimpin oleh Letda Inf Somad bersama masyarakat Kampung Toray terus berupaya semaksimal mungkin mencegah lunturnya nilai budaya nusantara dan mengangkat eksistensi budaya lokal.

Berlokasi di Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke Provinsi Papua yang juga merupakan daerah binaan dan menjadi tanggung jawab dari Pos Toray, anggota Pos Toray bersama masyarakat melangkah untuk memperkenalkan kepada dunia pakaian adat yang menjadi ciri khas dari Suku Yeinan, salah satu suku asli pedalaman Kampung Toray, Papua.

“Kegiatan ini tidak boleh dilupakan lebih khusus karena Satgas masih mendorong kita untuk mempertahankannya sebagai pakaian adat, artinya semua ini punya adat dan punya tradisi masing-masing, ” jelas Absolom Kapaiter selaku Wakil Kepala Suku Yeinan.

 

Pertahankan Kearifan Lokal dan Budaya Adat, Satgas Yonif 611/Awang Long Kenalkan Pakaian Tradisional Suku Yeinan

“Dan saya sangat bersyukur bahwa TNI masih bisa mendorong kita khususnya dibidang adat, memperingatkan kita bahwa pakaian-pakaian adat jangan punah atau dihilangkan tetapi harus dikembangkan dan dilestarikan sebagai warisan dari leluhur kita,” tambahnya.

Peranan yang sangat tinggi diperlukan dari semua pihak dan kalangan untuk ikut berpartisipasi dalam mencegah hilangnya budaya asli nusantara.

Turut hadir dalam kegiatan ini Lenora Kabarejay (39) pembuat celana adat Suku Yeinan, Antoneta (45) pembuat baju pakaian adat Suku Yeinan, Mina Rokobun (35) pengolah bahan untuk pakaian adat Suku Yeinan, Boas (40) pembantu dalam pembuatan pakaian adat Suku Yeinan. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel