Kodam IX/Udayana

Pimpinan Angkatan Darat Se Asia Pasifik Kumpul di Bali

Dibaca: 9 Oleh 14 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pimpinan Angkatan Darat dan para perwira Senior se kawasan Asia Pasifik mengadakan pertemuan pada Senin (14/9) di Nusa Dua Denpasar Bali.

Pertemuan tersebut dilaksanakan dalam rangka Pasific Armies Chieps Conference (PACC) IX dan Pacifik Armies Management Seminar (PAMS) XXXIX yang akan berlangsung dari tanggal 14 sampai dengan 17 September 2015 yang diselenggarakan oleh Angkatan Darat Indonesia dan Angkatan Darat Amerika Serikat Kawasan Pasifik   (USARPAC).

PACC adalah forum konferensi para pimpinan Angkatan Darat di wilayah Pasifik yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali sebagai sarana  untuk bertukar pandangan, mermbangun dan meningkatkan hubungan serta mengembangkan kerjasama keamanan di kawasan Asia Pasifik dan PAMS merupakan forum para pejabat dilingkungan Angkatan Darat yang berpangkat Letnan Kolonel sampai dengan Mayor Jenderal se wilayah Asia Pasifik untuk bertemu dan berdiskusi masalah profesionalisme militer yang perlu dikembangkan guna mendapatkan manfaat yang saling menguntungkan sebagai upaya menjamin stabilitas keamanan di wilayah Asia Pasifik.

PACC pertama kali diselenggarakan pada tahun 1997 sedangkan PAMS pertama kali diselenggarakan pada tahun 1978, kegiatan ini digagas oleh Amerika Serikat dan kedua kegiatan ini tetap menjadi co-host permanent.  Berbagai tugas sebagai tuan rumah bersama dengan negara lain di kawasan Asia Pasifik  yang telah bergabung menjadi anggota PACC dan PAMS diselenggarakan secara bergiliran.

Kegiatan yang diselenggarakan di Bali ini merupakan penyelenggaraan yang ke 6 dihadiri oleh 26 pimpinan Angkatan Darat dari Prancis, Cina, USA, Australia, Bangladesh, Kanada, Nepal, Thailand, Konga, New Zaeland, India, Chile, Jepang, Malaysia, Singapura, Filipina dan Indonesia. Pelaksanaan kali ini dengan mengusung tema’ Kontribusi Militer Dalam Rangka Mendukung Kerjasama Multilateral.

Sebagai pembicara kunci dalam forum ini adalah Menteri Pertahanan RI Jenderal (Pur) Ryamizard Riyacudu.

Pada kesempatan tersebut hadir dalam konverensi pers adalah Kepala Staf TNI –AD, Jenderal TNI Mulyono dan Jenderal Mark A.Miley dari Angkatan Darat Amerika Serikat.

Kasad menyampaikan ucapan terimakasih khususnya kepada awak media yang hadir meliput kegiatan ini dan selanjutnya menyampaikan tujuan kegiatan PACC dan PAMS secara garis besarnya sebagai pengantar dalam konferensi pers tadi sedangkan Jenderal Mark A Miley menyampaikan bahwa dirinya pernah bertugas di Indonesia bahkan menceritakan, Bapak dan Kakeknya juga pernah bertugas di Indonesia Jenderal M.A Miley menyatakan sudah pernah bertugas diberbagai negara tetapi tidak seperti halnya dengan di Bali yang sangat khusus sekali, selanjutnya disampaikan juga bahwa pemerintah Amerika  termasuk Angkatan Darat Amerika sangat berperan dalam mewujudkan keamanan di kawasan Asia Pasifik ini. Demikian Pendam IX/Udayana.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel