Pasukan Garuda

Prajurit TNI Ajarkan Cara Bercocok Tanam Kepada Masyarakat Lokal Afrika

Dibaca: 137 Oleh 08 Nov 2015November 9th, 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

(Afrika, Minggu 5 November 2015). Benua Afrika dikenal dengan suhunya yang ekstrem, serta tumbuhan kaktus yang menjadi ciri khas di daerah gurun. Namun demikian, dengan metode dan tata cara tanam yang benar, tanaman sayuran dapat juga tumbuh dengan subur, seperti yang dilakukan oleh personel Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-B/Minusca CAR yang berada di kota Bangui, Afrika Tengah, Minggu (8/11/2015).

Adapun jenis sayuran yang telah di coba untuk dikembangkan seperti tomat, cabe, kangkung, kacang panjang serta ubi kayu. Selain sebagai tambahan sumber protein nabati, menanam sayuran tersebut juga menjadi kegiatan yang bermanfaat guna mengisi waktu luang anggota Kontingen Garuda pada sore hari, yang mana dari pagi hingga siang melaksanakan aktivitas. Kegiatan ini juga untuk memanfaatkan area / tanah kosong di dalam Camp Garuda.

Tidak hanya sampai disitu saja, ilmu yang ada dibagikan kepada masyarakat lokal yang berada di sekitar Camp Garuda. Masyarakat lokal diajari bagaimana menyiapkan lahan sebelum ditanam, proses penanaman, pemupukkan serta perawatan sayuran tersebut. Hal ini dilakukan juga pada sore hari sebelum melaksanakan olah raga.

Kemudian diharapkan dapat dipraktekkan dikampungnya, dimana masih terdapat banyak lahan kosong. Selain dapat memenuhi kebutuhan keluarga mereka, juga dapat menambah penghasilan, yaitu dengan jalan hasilnya dijual dipasar. Tujuan akhir, agar masyarakat Afrika Tengah dapat mengembangkan daerahnya sendiri secara mandiri dan tidak hanya memikirkan konflik yang terjadi di negara yang menjadi wilayah paling rawan dan beresiko tinggi sejak konflik antar sectarian / kelompok terjadi pada tahun 2013 lalu.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel