Kodam XIV Hassanudin

Rapat Analisa Dan Evaluasi Satgas Tinombala TNI

Dibaca: 487 Oleh 17 Sep 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Keberhasilan itu diawali rencana yang matang dan baik serta diiringi doa, Komandan Komando Pelaksana Operasi Tinombala TNI Kolonel Inf M. Saleh pimpin rapat evaluasi berserta staf dan Komandan Satgaspur maupun Komandan sektor dengan membahas pelaksanaan operasi Tinombala TNI yang diawali dengan paparan Komandan SGI Kolonel Inf Andi Asmara Dewa, Kasi Ops Mayor Inf Joni Toa kemudian dilanjutkan para Dansatgaspur dan Komandan per sektor, Poso di Markas Komando pelaksana operasi (Kolaksops) TNI di Poso, Sabtu (16/9/2017).

Komandan satgas SGI Kol. Inf Andi dalam pemaparannya menjelaskan situasi dan kondisi DPO buronan (Mujahidin Imdonesia Timur (MIT) Ali Kalora dan kawan-kawan dalam keadaan semakin terjepit dan moril rendah karena kekurangan logistik akibat dari sekatan di tiap-tiap sektor dengan dilakukan pengepungan oleh patroli maupun gelar komunikasi satgas perhubungan yang digelar satgas Tinombala di lapangan.

7A__4_

Sementara itu Kasi Ops Mayor Joni menambahkan bahwa, Satgas Tinombala di dukung Hely bell TNI serta tim pengesan jejak dan sniper TNI dengan tugas melakukan pengamatan dan memburu jejak-jejak DPO MIT yang ada di pegunungan sehingga dapat segera di ketahui keberadaannya.

Baca juga:  Keberhasilan TMMD 98 Ditentukan oleh Partisipasi Aktif Seluruh Komponen Bangsa

Kesemuanya harus dilakukan oleh prajurit-prajurit yang berkualifikasi terlatih dan diharapkan pengejaran DPO ini akan segera terselesaikan dan tertangkap”, imbuhnya.

Luas wilayah operasi ini ukuran 60 km kali 40 km atau 2400 km2 yang bagi menjadi empat sektor yaitu Kecamatan Poso Pesisir, Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir Selatan dan Lembah Napu Kecamatan Lore Tengah.

Disinilah DPO MIT bersembunyi dan berpindah-pindah tempat dari hutan maupun pegunungan.

Jumlah DPO masih tersisa saat ini tujuh orang antara lain Ali Muhamad alias Ali Kalora, Muhamad Faisal alias Namnung Qatar alias Farel, Nae alias Galuh, Basir alias Romsi, Abu alim dan Kholid.

Penekanan Komandan Kolakops TNI Kol Inf. M. Saleh untuk disampaikan ke prajurit yang paling bawah di lapangan dalam penugasan antara lain melihara semangat mental/Moril prajurit, menjaga kesehatan baik individu maupun kelompok, menanamkan dedikasi yang kuat dan pantang menyerah, menjaga kekompakan sesama Satgas TNI/Polri dalam melaksanakan tugasnya, menjalin sinergitas dengan aparat kewilayahan dengan kedepankan teritorial dan berhati-hati dan tetap waspada di lapangan maupun di home base .

Baca juga:  Siapa Lagi Yang Ingin Sehat Tulang, Organ Paru, InsyaAllah Aman dan Terjangkau Untuk Siapa Saja

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel