Skip to main content
Kodam IX/Udayana

Resmikan Sejumlah Ruangan, Pangdam Berharap Rumkit Tk. III Wira Sakti Dapat Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Dibaca: 35 Oleh 27 Okt 2023Tidak ada komentar
Resmikan Sejumlah Ruangan, Pangdam Berharap Rumkit Tk. III Wira Sakti Dapat Tingkatkan Pelayanan Kesehatan
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P, M.Sc., didampingi Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., meresmikan sejumlah ruangan Rumah Sakit (Rumkit) Tk. III Wira Sakti yang berada di Jalan Moh. Hatta, Kota Kupang, Selasa (24/10/2023).

Adapun ruangan yang diresmikan oleh Pangdam diantaranya High Care Unit (HCU), Intensive Care Unit (ICU), Pediatric Intensive Care Unit (PICU), Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan Perina. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Pangdam IX/Udayana.

“Baru saja kita resmikan beberapa fasilitas yang ada di Rumkit Tk. III Wira Sakti Kupang. Hal ini menunjukan bahwa fasilitas di rumah sakit kita semakin meningkat. Dengan demikian kita harapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada prajurit dan masyarakat umum,” ujar Pangdam saat doorstop dengan awak media.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan bahwa rumah sakit ini memang milik TNI AD, namun juga dapat melayani semua orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Fasilitasnya cukup bagus dan nyaman, serta dilengkapi juga dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) yang siap setiap saat untuk melayani pasien.

Baca juga:  Danrem 162/WB Buka Apel Danramil dan Babinsa Di Lombok Barat

“Tenaga kesehatan tersedia cukup, ada dokter spesialis, ada juga ibu dokter spesialis anak. Untuk wilayah ini saya kira tenaga kesehatan cukup. Kalau kurang, kita akan coba berkoordinasi dengan RS lain yang ada di sini, dokter-dokter spesialis di Kupang untuk kita manfaatkan tenaganya guna membantu pasien,” pungkas Pangdam.

Sementara itu, Kepala Rumkit Tk. III Wira Sakti, Letkol Ckm (K) Dr. dr. Lidwina Marlina S, Sp.KJ., menyampaikan bahwa rumah sakit ini selesai di renovasi dengan gedung baru di tahun 2023 dan dikembangkan untuk semua fasilitas dan ruangannya. Tidak hanya dilengkapi oleh alat-alat canggih dan sesuai dengan kebutuhannya, namun juga diawaki oleh dokter penanggung jawab masing-masing ruangan.

“Hal ini akan terus kami kembangkan dan tidak hanya sampai di sini saja, kami juga sedang persiapkan poliklinik fisioterapi, mudah mudahan awal bulan kami sudah siap melaksanakan pelayanan fisioterapi. Tentunya, RS ini terbuka untuk seluruh masyarakat kota Kupang dan sekitarnya, kami menerima dengan hati,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai pelayanan menggunakan BPJS, Karumkit mengatakan bahwa hingga saati ini hampir 90 persen adalah pasien BPJS, sebab TNI AD beserta PNS dan keluarganya juga pengguna BPJS untuk memudahkan fasilitas kesehatan. Bahkan, untuk fasilitas MRI yang satu-satunya ada di Kota Kupang inipun sudah diurus untuk dapat diklaim oleh BPJS.

Baca juga:  WARGA KOREM 162/WB SAMBUT SATGAS YONIF 742/SWY DARI PERBATSAN

Turut hadir mendampingi Pangdam diantaranya, Aslog Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kasrem 161/Wira Sakti, Para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang, Dandenkesyah 09.04.01 Kupang, Para Dan/Kabalak Aju Kodam IX/Udayana, serta Ketua Persit KCK PD IX/Udayana. (Dispenad).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel