Skip to main content
Kodam IX/Udayana

Rindam IX/Udayana Gelar Latihan Bela Negara Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung

Dibaca: 30 Oleh 29 Mar 2023Tidak ada komentar
Rindam IX/Udayana Gelar Latihan Bela Negara Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Rindam IX/Udayana menggelar Upacara Pembukaan Pendidikan dan Latihan Aparatur Bela Negara Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Kabupaten Badung Tahun 2023 di Aula Ngurah Rai Rindam IX/Udayana Jl. Tendean, Kediri, Kabupaten Tabanan, Senin (27/3/2023).

Diikuti 200 peserta, kegiatan yang digelar selama 6 hari dengan dibagi menjadi 2 gelombang tersebut bertujuan untuk menumbuhkan militansi bela negara yang memiliki sikap kedisiplinan, serta menumbuhkan integritas agar lebih sigap dan profesional dalam mendukung pelaksanaan tugas.

Dalam sambutannya, Komandan Rindam IX/Udayana, Kolonel Inf Wirawan Eko Prasetyo, S.E., menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang menjadi wadah dalam pelatihan dalam mengoptimalisasi tugas-tugas. Terutama sebagai seorang yang memiliki tanggung jawab besar menangani kebakaran dan keselamatan di wilayah Kabupaten Badung.

“Dengan adanya pendidikan latihan ini, para peserta akan memiliki militansi sehingga dapat membentuk karakter yang berkelanjutan dengan berintegritas menjadi seorang Pemadam Kebakaran,” ungkap Danrindam.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Badung, I Nyoman Sujendra, S.Pd., M.M., dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Pendidikan dan Latihan Aparatur Bela Negara sangatlah penting dilaksanakan oleh aparatur pemerintahan.

Baca juga:  Siapkan Pengamanan Kunker Presiden RI, Dandim Tabanan Gelar Pasukan di Pasar Rakyat Baturiti

“Terlebih, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung memiliki tugas dan tanggung jawab yang tinggi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat secara optimal. Pendisiplinan juga menjadi kunci dalam membentuk anggota Diskarmat yang profesional,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, I Wayan Wirya, mengatakan bahwa personel Dinas Kebakaran dan Penyelamatan, di 11 pos di Kabupaten Badung, memerlukan sikap, perilaku, dan kedisiplinan untuk menjadi seorang tim Damkar.

“Dengan diadakan pelatihan mental disiplin ini, diharapkan para personel Damkar Badung, dapat meningkatkan kedisiplinan. Sehingga nantinya, respon time dalam penanganan kebakaran, bisa mencapai 15 menit sampai di TKP. Dengan respon time yang cepat, diharapkan dapat meminimalisir kerugian yang dirasakan oleh masyarakat akibat kebakaran,” tuturnya.

Diklat ini berfokus pada pengamalan nilai-nilai dasar Kewarganegaraan, Bela Negara, Pancasila, hingga sikap dan disiplin dalam pembentukan karakter untuk pribadi yang cinta akan tanah air. Selain itu, outputan terlaksananya kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa Nasionalisme Bela Negara. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel