Berita Satuan

Rumah Senyum Kodim 1622/Alor, Sebagai Isolasi Terpusat Yang Menyenangkan

Dibaca: 2 Oleh 16 Jul 2021Tidak ada komentar
Rumah Senyum Kodim 1622/Alor, Sebagai Isolasi Terpusat Yang Menyenangkan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Lonjakan kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Alor sejak tiga pekan terakhir ini terus mengalami kenaikan setiap harinya. Menyikapinya Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag mengambil langkah dengan menyiapkan tempat isolasi terpusat berkapasitas 8 kamar dan 2 MCK, bertempat di Jl. Ahmad Yani Kelurahan Kalabahi Kota Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor.

Dandim Letkol Supyan Munawar, Jumat (16/7/2011), secara tegas mengatakan bahwa masyarakat apabila terkonfirmasi positif Covid-19 agar mengikuti imbauan Pemerintah melakukan isolasi terpusat di tempat yang disiapkan Pemda, juga di tempat yang telah disiapkan Kodim 1622/Alor.

“Tempatnya sudah siap pakai sejak seminggu yang lalu, namun keengganan masyarakat untuk isolasi terpusat. Perlu diketahui bahwa, dengan isolasi terpusat maka pengawasan tim medis lebih efektif dilakukan, sehingga mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Kami sudah siapkan 8 kamar dengan 2 MCK, tempat tidur, dan juga ada vasilitas lainnya sebagai hiburan selama isolasi,” jelas Dandim.

Lanjut Dandim, dengan adanya kasus semakin meningkat ini, maka harus mengambil tindakan memaksimalkan isolasi terpusat dengan rumah senyum. Kriteria lokasi isolasi terpusat yang disiapkan Kodim jauh dari lingkungan masyarakat. Segi kenyamanan sangat baik untuk menghindari kontak erat dengan masyarakat yang sehat.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan Pemda Kabupaten hingga ke Kecamatan, Desa/Kelurahan agar setiap masyarakat yang positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan medis, maka harus melaksanakan isolasi terpusat. Ruang isolasi kami siapkan secara cuma-cuma hingga membantu menyiapkannya, ” ungkap Dandim.

Terkait dengan keengganan masyarakat untuk diisolasi terpusat, lanjut Dandim, dirinya terus berkoordinasi dengan Pemda Alor agar berperan aktif mencari solusi mengatasi kendala tersebut. Sehingga pasien tidak mengikuti kemauannya untuk melakukan isolasi mandiri.

Pelaksanaan isolasi mandiri, indikasinya adalah kedisiplinan dari masyarakat tidak ada. Untuk itu, para Danramil dan Babinsa di wilayah agar tegas menyampaikan kepada masyarakat untuk isolasi terpusat. Karena kepatuhan erat kaitannya dengan kasus yang semakin hari semakin bertambah ini.

“Kita sampaikan kepada masyarakat, apakah mau menikmati kejenuhan semakin panjang akibat dari pandemi Covid-19. Kita harus bergerak cepat dan tegas namun humanis dalam menindaklanjuti warga yang terkonfirmasi positif. Upaya ini juga dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar tidak kemana-mana, sehingga tracing lebih mudah dilakukan dan penyebaran Covid-19 dapat ditekan, ” tutup Dandim. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel