Skip to main content
Kostrad

Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad Maknai Hari Sumpah Pemuda ke-95 Bersama Anak-anak Papua

Dibaca: 67 Oleh 30 Okt 2023Tidak ada komentar
Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad Maknai Hari Sumpah Pemuda ke-95 Bersama Anak-anak Papua
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad melaksanakan kegiatan membantu mengajar dan memberikan paket peduli pendidikan untuk anak-anak di pedalaman Papua di Sekolah Rimba, Kampung Mumugu, Kabupaten Asmat, Sabtu (28/10/2023).

Dansatgas Mobile Yonif 411 Kostrad Letkol Inf Subandi, S.E., M.I.P., dalam keterangan resminya mengungkapkan, berbagai kegiatan dilaksanakan oleh Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad dalam rangka memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 di daerah penugasan Papua.

Lanjutnya, salah satunya dilaksanakan oleh personil Pos Kout Batas Batu yakni melalui kegiatan “Aku Cinta Indonesia” yang berisi kegiatan membantu mengajar, memberikan wawasan kebangsaan dan menyerahkan bantuan peduli pendidikan untuk siswa-siswi di SD ST Aloysius Mumugu Berpola Rimba. SD Aloysius Mumugu atau yang dikenal sebagai Sekolah Rimba merupakan satu-satunya sekolah yang terletak di Perbatasan Kabupaten Asmat dengan Kabupaten Nduga.

Letkol Inf Subandi menuturkan kegiatan yang dilaksanakan oleh personel Pos Kout Batas Batu bertujuan untuk mengajak anak-anak di Pedalaman Papua memaknai Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

Baca juga:  YONIF LINUD 501 KOSTRAD PATROLI PATOK BATAS RI-MALAYSIA

“Pada momen Hari Sumpah Pemuda tahun ini yang bertema “BERSAMA MAJUKAN INDONESIA”, anak-anak di Sekolah Rimba kami ajak untuk memiliki rasa cinta tanah air, memberikan motivasi dan semangat di tengah kondisi keterbatasan harus rajin sekolah demi cita-cita gemilang dimasa depan,” ucap Letkol Subandi Abituren Akmil tahun 2004 itu.

Membantu mengajar yang kami laksanakan di Sekolah Rimba adalah wujud perhatian dan kepedulian dari Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad terhadap pendidikan di daerah tugas, dimana di Sekolah Rimba sendiri hanya ada dua orang guru yang mengajar.

Serda Geraldo Siagian salah satu personil Pos Kout Batas Batu mengatakan dirinya senang bisa membantu mengajar, memberikan paket peduli pendidikan yang terdiri dari tas sekolah dan alat tulis untuk siswa-siswi di Sekolah Rimba.

“Hari ini kita baru selesai membantu mengajar, dan memberikan paket peduli pendidikan untuk adik-adik di Sekolah Rimba, hal ini merupakan wujud kepedulian sekaligus memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda,” ucapnya.

Sementara itu, Suster Helga selaku Guru di Sekolah Rimba menyampaikan ucapan terima kasih dan senang atas kehadiran dari Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad.

Baca juga:  Budi Daya Ikan Mujahir, Inovasi Satgas Yonif 734 Dongkrak Ekonomi Warga

“Anak-anak semua terlihat sangat antusias, belajar dengan pak tentara, kemudian makan snack, dan mendapatkan paket peduli pendidikan satu-satu,” ucap Suster Helga.

Sementara itu, di Pos Kotis Keneyam, Satgas Mobile Yonif 411 Kostrad mengundang puluhan siswa-siswi SD Inpres Kenyam ke Pondok Pintar Pandawa untuk memberikan buku bacaan yang merupakan bantuan dari Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak. Bantuan buku bacaan kepada anak-anak untuk menumbuhkan minat baca dan mendukung program literasi nusantara.

Harapannya melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan hari ini dapat membentuk karakter para generasi penerus bangsa yang mandiri, kuat, berani dan pantang menyerah. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program teritorial Satgas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad yang memiliki perhatian penuh terhadap pendidikan anak-anak di daerah tugas, karena pendidikan adalah hal penting dalam mengantarkan anak-anak Papua meraih cita-cita. (Dispenad).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel