Skip to main content
Akademi Militer

Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300/Bjw

Dibaca: 30 Oleh 06 Mei 2022Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Jakarta, tniad.mil.id – Taruna Akademi Militer (Akmil) dan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mendalami materi kepemimpinan saat melakukan kunjungan ke Mako Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, yang berlokasi di Kabupaten Ciajur, Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Danyonif Raider 300/Bjw Mayor Inf Afri Swandi Ritonga dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Cianjur, Kamis (5/5/2022).

Mayor Inf Afri mengatakan bahwa kunjungan para Taruna ke Batalyon yang ia pimpim tersebut dilaksanakan pada saat melaksanakan dinas cuti Lebaran yang saat ini sedang berlangsung.

Lalu dijelaskan Afri, setiap tahunnya Taruna baik di Akmil, AAL dan AAU Serta Akpol akan mendapatkan Dinas Cuti yang diberikan setiap tahun oleh akademi masing-masing. Ini diberikan dalam rangka me-refresh kembali pikiran para Taruna setelah di bina dan di tempah di Kawah Candradimuka.

Seperti pada saat ini, lanjutnya para Taruna mendapatkan cuti Lebaran selama kurang lebih 2 minggu. Yang pada kesempatan ini juga setiap Taruna diwajibkan untuk mendatangi satuan-satuan yang terdapat di daerahnya masing-masing guna mendalami materi Kepemimpinan yang telah mereka dapatkan selama belajar di Akademi.

“Tujuannya untuk menggali ilmu dan pengalaman guna dijadikan bekal nantinya menjadi para perwira di satuan”, ujarnya.

Selaku Komandan Batalyon sekaligus senior, Mayor Inf Afri lalu mengatakan kepada para Taruna bahwa kepemimpinan merupakan suatu seni untuk mengajak orang lain agar mau secara ikhlas menjalankan segala keinginan pimpinan guna mencapai Tujuan Pokok Bersama.

Pada tingkat Batalyon Infanteri sendiri, kata Afri seorang Komandan Batalyon Infanteri melaksanakan tugas – tugas terutama pada pembinaan 6 Komponen Binsat di satuannya dengan mengaplikasikan 12 Kompetensi Danyon yang bertujuan untuk menciptakan satuan yang siap operasional dalam mendukung tugas pokok TNI AD.

Di sisi lain, tambahnya tugas seorang Pemimpin pada tingkat Batalyon Infanteri terutama Batalyon Raider adalah mencetak prajurit sebagai mesin pembunuh di medan pertempuran, memberikan kesejahteraan kepada anggota, dan harus selalu hadir sebagai solusi bagi setiap permasalahan Prajurit.

Ia pun berharap semoga ilmu dan pengalaman yang didapat akan bermanfaat bagi para Taruna ke depan.

Dalam kesempatan tersebut Afri juga menyampaikan pesan dari Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., agar para Taruna tetap semangat dalam belajar dan berlatih selama menempuh pendidikan di Akademi.

Selain dibekali ilmu kepemimpinan, para Taruna juga diajak melihat Alutsista yang dimiliki Yonif Raider 300/Bjw Kodam III/Slw. termasuk diberikan penjelasan tentang tugas tugas para taruna setelah lulus dari Akademi pada Tingat Batalyon terutama Batalyon Infanteri yang memiliki kemampuan Raider.

Untuk lebih menjalin silaturahmi, usai kegiatan dilaksanakan makan siang bersama. (Dispenad).

Kirim Tanggapan