Akademi Militer

Taruna/Taruni Akmil Gelar Aksi Donor Darah

Dibaca: 177 Oleh 23 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Akmil – Bertempat di Atrium Artos Mall sedikitnya 250 orang Taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang – Jawa Tengah melaksanakan donor darah selama 2 hari Jumat dan sabtu tanggal 22 s.d 23 Januari. Aksi kemanusiaan terebut merupakan salah satu rangkaian Hari Bhakti Taruna. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Hartomo, Wagub Akmil, Danmentar, Para Pejabat Distribusi Akademi Militer, organik Akmil baik militer maupun pegawai negeri sipil Akmil. Sabtu (23/01).

Aksi donor darah ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan kepedulian Taruna terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Selain dari wujud implementasi dari Hari Bhakti Taruna, yang meneladani dan mewarisi semangat, motivasi, kebanggaan akan perjuangan para Taruna – Taruna pendahunya yang ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan kolonial Belanda dan Jepang.

Peristiwa pertempuran yang diikuti oleh Taruna pada masa penjajahan yang pertama yaitu peristiwa Pertempuran Lengkong Pada tanggal 25 Januari 1946, terjadi dalam penugasan damai Internasional pelucutan senjata Jepang oleh Taruna Akademi Militer Tangerang ( Resimen IV TNI di Tangerang) yaitu resimen yang mengelola Akademi Militer Tangerang pimpinan Mayor Daan Mogot. Semula proses pelucutan senjata berlangsung lancar, tidak ada tanda-tanda atau gerakan yang mencurigakan, tiba-tiba rentetan letusan senapan dan mitraliur terdengar dari arah yang tersembunyi, sehingga senja yang tadinya damai menjadi berdarah. Dalam peristiwa tersebut telah gugur 37 Taruna, 35 Taruna ditawan dan 3 meloloskan diri.

Peristiwa pertempuran ke dua adalah peristiwa pertempuran melawan kolonial Belanda pada Agresi Militer Belanda II oleh Taruna MA (Militaire Academie) Yogyakarta pada tanggal 24 Februari 1949 di daerah Plataran dan sekitarnya yang ditunjukkan dengan sikap, kesetiakawanan heroik dan sikap pantang menyerah. Dalam pertempuran Plataran tersebut telah gugur antara lain, Letda Oetojo Notodirdjo (lulusan terbaik MA Yogya), Letda Soekotjo, Vandrig/Sermatar Cadet Hussein, Sarsanto, Suhartojo, Soebijakto, Soemartal dan Tentara Pelajar Marwoto.

Puncak acara rangkaian kegiatan ini adalah pelaksanaan upacara Hari Bhakti Taruna yang dilaksanakan hari senin tanggal 25 Januari di lapangan Pancasila yang di ikuti oleh Taruna / Taruni dan organik Akmil baik militer maupun Pns.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel