Skip to main content
Lembaga Pendidikan

Tingkatkan Penguasaan Teknologi, Siswa Diklapa II Peralatan Praktik Mata Kuliah Pertimbangan Teknis Komoditas Peralatan

Dibaca: 61 Oleh 13 Okt 2022Tidak ada komentar
Tingkatkan Penguasaan Teknologi, Siswa Diklapa II Peralatan Praktik Mata Kuliah Pertimbangan Teknis Komoditas Peralatan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Untuk meningkatkan dan kemampuan dalam penguasaan teknologi alutsista dan piranti pendukungnya, 23 orang Siswa Perwira (Pasis) Diklapa II Kecabangan Peralatan melaksanan Praktik Mata Kuliah Pertimbangan Teknis Komoditas Peralatan di PT Pindad dan Depo Pemeliharaan (Depohar) 10 Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodiklatad, Kamis (13/10/2021), kegiatan Praktik Mata Kuliah Pertimbangan Teknis Komoditi Peralatan di dua tempat ini dipimpin langsung Komandan Pusat Pendidikan Peralatan (Danpusdikpal) Kodiklatad, Kolonel Cpl Octovianus Oskar Engelberth, S.I.P yang berlangsung salama empat hari.

Praktik ini bertujuan agar para siswa mampu mengaplikasikan bidang pertimbangan teknis komoditi Peralatan  sesuai Kurikulum Pendidikan Diklapa II Kecabangan Peralatan yang di operasionalkan oleh Pusdikpal Kodiklatad.

Staf Divisi Senjata PT Pindad (Persero) Yanto, yang mewakili Dirut PT Pindad mengatakan, selama ini PT Pindad sebagai produsen, kendaraan tempur, senjata dan amunisi bagi TNI khususnya TNI AD memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para prajurit TNI yang sedang menempuh pendidikan untuk melakukan praktik lapangan.

Sementara itu, Danpusdikpal sangat mengapresiasi waktu berharga yang diberikan oleh PT.Pindad kepada siswa Pusdikpal dalam terlaksananya praktik pertimbangan teknis peralatan ini sehingga dalam menghadapi perkembangan revolusi industri 4.0, setiap prajurit peralatan mampu beradaptasi dan berinovasi dihadapkan kemajuan teknologi informasi (TI) maupun teknologi persenjataan yang begitu pesat perkembangannya

Pada pelaksanaan praktik selama tiga hari ini para siswa dapat merasakan dan melihat berbagai proses pekerjaan mulai dari proses produksi kendaraan tempur, pembuatan dan perakitan senjata serta produksi militer lainnya yang tentunya PT. Pindad memiliki tujuan untuk tercapainya kemandirian industri pertahanan Indonesia.

“Praktik lapangan ini sangat bermanfaat terutama bagi Pasis Diklapa II Peralatan dikarenakan implementasi pertimbangan teknis dapat disaksikan langsung di PT. Pindad meliputi Teknis senjata, munisi, kendaraan dan teknologi mekanik . Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan tugas pokok Korps Peralatan sebagai Pembina Materiel TNI AD sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan pada saat para siswa lulus dari pendidikan untuk dikembangkan ketika saat tugas operasi maupun di satuan, ” ujar Oskar.

Pada Mata Kuliah Pertimbangan Teknis Komoditi Peralatan ini juga dilaksanakan di Depohar 10 Lanud Husein Sastra Negara. Praktik lapangan di Depohar TNI AU ini adalah pengalaman pertama, sehingga kesempatan menambah referensi pengetahuan ini akan sangat bermanfaat bagi para siswa khususnya pengetahuan tentang pemeliharaan pesawat terbang.

Diharapkan dengan Praktik Mata Kuliah Pertimbangan Teknis Komoditi Peralatan ini, para siswa memiliki kemampuan lebih baik lagi dalam pemeliharaan alutisita Matra Darat. (Dispenad)

Kirim Tanggapan