Berita Satuan

Tradisi Bakar Batu Pencanangan Bulan Kasih Desember 2020

Dibaca: 20 Oleh 06 Des 2020Tidak ada komentar
Tradisi Bakar Batu Pencanangan Bulan Kasih Desember 2020
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Bulan Desember dianggap sebagai bulan kasih bagi masyarakat Papua mengingat pada bulan tersebut terdapat hari raya Natal bagi umat Kristiani .

Dalam keterangan tertulis Penrem 174 Merauke, Minggu (6/12/2020), di wilayah Kabupaten Mimika yang juga merupakan wilayah Korem 174 Merauke, Kodim 1710/Mimika memahami arti penting dari bulan Desember tersebut, oleh karena itu kali ini Kodim 1710/Mimika bersama satuan TNI/Polri di Kabupaten Mimika menyelenggarakan acara adat bakar batu bersama masyarakat Papua yang di hadiri langsung oleh Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lahan Kogabwilhan III, SP5, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika dan diikuti oleh ratusan masyarakat Papua dari segala penjuru dari kalangan tua muda dan anak – anak .

Acara adat bakar batu tersebut selain sebagai pencanangan bulan kasih di bulan Desember 2020 juga merupakan tradisi adat Papua yang senantiasa dilakukan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan acara adat ini pun dihadiri oleh para pejabat TNI/Polri di Papua. Acara bakar batu ini dimulai sejak pagi hari di mana seluruh perlengkapan disiapkan oleh Satuan TNI/Polri termasuk puluhan ekor babi yang merupakan bantuan dari Panglima TNI dan Kapolri.

“Tradisi adat ini sebeagai bentuk penghormatan TNI/Polri terhadap kekayaan budaya Papua yang sudah mengakar kuat hingga saat ini. Seluruh masyarakat Papua bersama TNI/Polri bahu membahu melaksanakan kegiatan ini mulai dari mempersiapkan sayuran, penyiapan babi hingga penyediaan tempat tradisi, ” ujar Danrem

Masyarakatpun terlihat sangat bahagia dengan adanya kegiatan ini dan mereka pun menyampaikan terima kasih atas peran serta TNI/Polri dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kegiatan ini akan semakin mempererat persaudaraan antara TNI/Polri dan masyarakat serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa serta sebagai perekat elemen masyarakat di wilayah Kabupaten Mimika, ” pungkas Danrem.(Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel