Skip to main content
Satgas Pamtas

Tradisi Toki Tambor, Warga Kampung Mosso Papua Singgahi Pos Satgas Yonif 122/TS

Dibaca: 200 Oleh 04 Jan 2024Tidak ada komentar
Tradisi Toki Tambor, Warga Kampung Mosso Papua Singgahi Pos Satgas Yonif 122/TS
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Wujudkan keharmonisan dan kekeluargaan di wilayah perbatasan sekaligus pelestarian budaya dan kearifan lokal, Satgas Yonif 122/TS bersama masyarakat Kampung Mosso berbaur bersama pada acara tradisi Toki Tambor atau biasa disebut saling kunjung dan bersalam-salaman antar masyarakat untuk menyambut tahun baru serta menyinggahi Pos Satgas Yonif 122/TS di Kampung Mosso, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Rabu (3/1/2024).

Kegiatan tersebut diikuti oleh pemuka agama dan para pemuka adat Kampung Mosso. Tradisi Toki Tambor merupakan tradisi tahunan dalam menyambut datangnya tahun baru yang dilaksanakan dari satu rumah warg ke rumah yang lainnya. Nyanyian dan tarian yang begitu elok membuat suasana Toki Tambor semakin khidmat yang membuat para warga, memeteskan air mata sebagai ungkapan rasa bahagia dalam suasana penuh kekeluargaan.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Satgas, Danpos Mosso Satgas Yonif 122/TS Danpos Mosso Letda Inf Muhammad Thamrin Lubis menyampaikan, tidak hanya mendatangi rumah-rumah warga saja, Pos Satgas pun jadi tempat tujuan Toki Tambor oleh masyarakat Kampung Mosso, sebagai bentuk persaudaraan dan kekeluargaan antara masyarakat dan personel Satgas Yonif 122/TS.

Baca juga:  Karya Bakti TNI Wujud Nyata Pengabdian Prajurit Satgas Pamtas Yonif 725/Woroagi Untuk Rakyat di Perbatasan

“Kegiatan Toki Tambor ini dilaksanakan dari dari Kampung Mosso dan singgah di pos Satgas Yonif 122/Tombak Sakti dengan berjalan kaki bersama-sama hingga 20 kilometer jauhnya, ” ucap Muhammad Thamrin Lubis. .

Pendeta Rumere, menerangkan bahwa Toki Tambor dilaksanakan dari Kampung Lama Mosso sampai dengan Pos Komando Utama (Kout) Satgas Yonif 122/Tombak Sakti yang berada di perbatasan RI-PNG.

“Tradisi ini kami lakukan setiap tahun dalam menyambut tahun baru, bukan hanya ke rumah-rumah warga, tetapi juga ke Pos TNI yang dekat dengan kampung kami, bapak-bapak TNI telah menjaga kami agar kampung kami aman dan damai. Semoga Damai di Papua selalu menyertai kita bersama, “ ungkap pendeta Rumere. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel