Dinas Penerangan

Unik, Gowes Bersama Wakasad, Baksos hingga Tebar Ikan di Danau Singkarak

Dibaca: 34 Oleh 23 Feb 2020Tidak ada komentar
Unik, Gowes Bersama Wakasad, Baksos hingga Tebar Ikan di Danau Singkarak
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Keunikan gowes bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman, tidak hanya menaklukan puluhan tanjakan di sepanjang 104 Km, namun juga kegiatan Bakti Sosial (Baksos), penamanan pohon, hingga penebaran bibit ikan di Danau Singkarak.

Hal itu disampaikan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB, Kolonel Inf Zeni Junaidhi,S.Sos.,M.Si, dalam rilis tertulisnya di Medan, Minggu (23/2/2020).

Diungkapkan Kapendam, Bukit Barisan Gowes Ranah Minang (BBGRM) 2020 yang berslogan “mangayuah malinteh kampuang” ini, selain diikuti Wakasad dan Pangdam I/BB (Mayjen TNI M. Fadhillah) juga diikuti unsur Forkompimda Sumbar, beberapa pejabat TNI AD, komunintas bersepeda dan masyarakat, termasuk anggota Polri.

“Dapat dikatakan unik, karena selain berolahraga dan menikmati pemandangan alam, di tengah kegiatan dilaksanakan bakti sosial (Baksos), penanaman pohon, serta penebaran bibit ikan di danau Singkarak,” ujar Zeni.

“Rute dari Jam Gadang Bukit Tinggi, Pagaruyung hingga Danau Singkarak sejauh 104 Km,” imbuhnya.

Dikatakan Zeni, pemberian sembako dan pakaian layak pakai serta alat tulis dilaksanakan di cek poin pertama (Pagaruyung) dan cek poin kedua (SDN Batutaba).

“Selain total membagikan 600 paket Sembako dan 150 paket alat tulis dan 7 paket pakaian layak pakai, juga diserahkan sarana olahraga raga voli,” jelas Zeni.

“Paket bantuan ini diberikan sebagai wujud peduli terhadap sesama, khususnya saudara kita yang mengalami kekurangan,” imbuhnya.

Gowes dilaksanakan setelah deklarasi dan peresmian Army Cycling Club (ACC) yang diikuti 45 perwakilan klub di lingkungan TNI AD pada hari Sabtu (22/2/2020).

Unik, Gowes Bersama Wakasad, Baksos hingga Tebar Ikan di Danau Singkarak

“Setiba di Dermaga Danau Singkarak, Finish pukul 11.30 WIB, Wakasad didampingi Pangdam I/BB melaksanakan penanaman pohon bersama peserta yang lainnya,” ucap Zeni.

Adapun pohon yang di tanam di sekitar Danau Singkarak diantaranya manggis, jambu bol, dan sawo.

“Penanaman pohon ini juga sebagai wujud peduli para komunitas olah raga sepeda terhadap kelestarian alam,” tegasnya.

Di akhir kegiatan, lanjut Zeni, dipimpin Wakasad melaksanakan pelepasan bibit ikan di Danau Singkarak.

“Selain untuk menjaga ekosistem, pelepasan bibit ikan ini, ke depannya diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar,” tutur Zeni.

Sekda Kabupaten Tanah Datar, Irwandi, mewakili Bupati mengatakan Pemerintah Daerah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan BBGRM yang diselingi oleh bakti sosial dengan membagikan bantuan sembako.

“Dengan even besar seperti ini, selain dapat mempromosikan wisata Kabupaten Tanah Datar juga dapat membantu masyarakat kurang mampu yang sangat membutuhkan bantuan,” ucap Irwandi.

Untuk diketahui, meski diguyur air hujan, sebelum finish, Wakasad dan para peserta BBGRM 2020 berhasil melewati tantangan puluhan tanjakan yang terjal. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel