Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Babinsa Kodim Sragen Diperkenalkan dengan Mesin Tanam Rice Transplanter

Dibaca: 46 Oleh 28 Agu 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bertempat  di  Aula  kantor  dinas  pertanian Sragen Jumat (28/8) 44 Babinsa Kodim 0725/Sragen  mengikuti  pelatihan  dan  penataran  dari  Bp.  Sugiyanto  (DinasPertanian) Kab. Sragen tentang mesin tanam padi (Rice Transplanter).

Dalam kesempatan tersebut Bp. Sugiyanto menyampaikan bahwa bibit padi siap ditanam minimal umur bibit 12–18 hari, Penggunaan mesin rice transplantermempercepat  pertumbuhan  bibit  padi  karena  tidak  mengalami  stress.

Pada penanaman konvensional padi yang dicabut akan stress dan untuk  pulih memerlukan waktu seminggu. Bibit yang dicabut akar-akarnya akan tertinggal  dilahan persemaian kira-kira bisa mencapai 40 persennya. Jadi ada 40 persen bibityang hilang. Hal ini tentu akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Para  petani  juga  bisa  membuktikan  menggunakan  mesin  ini  juga  dapatmemperpendek  masa  budidaya  padi. keberhasilan  penggunaan  rice  transplanterb harus didukung dengan penyiapan bibit padi yang baik.

Dalam hal ini ada dua sistempengadaan bibit,  yaitu  sistem basah (di  lahan)  dan sistem kering  (dalam kotak). Untuk itu harus disiapkan benih yang baik, ditandai dengan daya tumbuh yang tinggidan benih yang tumbuh merata, serta ukuran persemaian yang disesuaikan denganukuran meja bibit pada rice transplanter, yaitu 28 x 58 cm. Harus diperhatikan juga kerapatan dan keseragaman bibit sehingga pada proses penanaman semua bibit bisatertanam dengan baik. Pelatihan yang dilaksanakan selama ini merupakan salah satu bekal bagi seorang Babinsa  sebelum mereka  diterjunkan menjadi  pendamping petani, mereka harus mampu sehingga dalam pelaksanaan tugas di lapangan mereka dapat menjelaskan kepada para petani menuju petani yang modern, agar tujuan program pemerintah tentang swasembada pangan nasional dapat terwujud.

Baca juga:  Ketahanan Pangan Menambah Mutu Gizi dan Moril Prajurit Dalam Pelaksanaan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif 400/Raider

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel