Kostrad

Cerdaskan Anak Perbatasan, Satgas 643 Ajari Baca dan Calistung

Oleh 03 Agu 2019 Tidak ada komentar
Cerdaskan Anak Perbatasan, Satgas 643 Ajari Baca Dan Calistung
#TNIAD 

 

JAKARTA, tniad.mil.id – Peduli pendidikan anak di perbatasan RI- Malaysia, Satgas Yonmek 643/WNS ajarkan cara membaca, menulis dan berhitung (Calistung) bagi anak-anak usia dini di Desa Panga.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 643/WNS, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto, dalam rilis tertulisnya di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Sabtu (3/8/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan belajar tambahan ini dilaksanakan Pos Panga bagi anak-anak Dusun Panga dan Dusun Panga Bintawa, Desa Semangit, Entikong.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 47 anak, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 Sekolah Dasar,” ujarnya.

Kegiatan ini jelasnya, dilakukan sebagai upaya membantu mencerdaskan anak-anak, dikarenakan masih banyak yang tidak bisa membaca, menulis dan berhitung.

“Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk membangkitkan kesadaran dan waktu orang tua untuk mengajari anak-anaknya karena kesibukan berladang,” ucapnya.

“Juga tidak adanya Paud maupun sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) di Dusun Panga, sehingga anak- anak kelas 1 belum mengenal dan mengetahui angka dan huruf,” kata Dwi Agung Prihanto.

Melihat kondisi tersebut tambahnya, personel Pos Panga, yang berada dekat dengan kedua desa tersebut, selain melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan juga melaksanakan kegiatan teritorial.

“Salah satunya membantu masyarakat sekitar untuk mencerdaskan putra putri daerah Desa Panga dengan memberikan les tambahan.
Hal ini merupakan bukti bahwa Satgas Pamtas peduli dengan masa depan anak-anak bangsa dan masa depan negara,” terangnya.

Lanjutnya, selain mengajarkan pelajaran sekolah, juga diajarkan tentang sikap disiplin dan keberanian ketika di dalam kelas agar siswa menjadi aktif di sekolah.

“Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian terhadap dunia pendidikan, khususnya di Dusun Panga dan Dusun Panga Bintawa yang kondisi masih jauh tertinggal dari daerah lainnya.

“Agar waktu bermain anak tidak tersita, maka kegiatan dilaksanakan mulai pukul 13.00 sampai 15.00 Wib, “tuturnya.

Sementara itu Marthin (38), orang tua peserta didik menyambut dengan positif dan mengapresiasi sekaligus mendukung kegiatan yang dilaksanakan Satgas Pamtas Yonmek 643/WNS, dengan harapan agar mereka mengerti membaca, menulis maupun berhitung yang selama ini menjadi kendala bagi anak-anak.

“Terima kasih kepada Bapak TNI atas kepeduliannya kepada anak-anak perbatasan. Semoga kegiatan ini berlanjut dan berkesinambungan, sehingga ilmu dan pengetahuan anak-anak semakin bertambah dan meningkat,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel