Skip to main content
Kodam IX/Udayana

49 Hektar Lahan Dibangunkan, Gubernur NTT Apresiasi Panen Raya Jagung bersama Korem 161/WS

Dibaca: 27 Oleh 24 Mar 2023Tidak ada komentar
49 Hektar Lahan Dibangunkan, Gubernur NTT Apresiasi Panen Raya Jagung bersama Korem 161/WS
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H., M.Si., dan Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febrial Buyung Sikumbang, S.H., M.M., melakukan Panen Raya Jagung di lahan yang berada di Kampung Taiti, Desa Sillu, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Selasa (21/3/2023).

Panen Raya Jagung tersebut merupakan Program Ketahanan Pangan yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai upaya untuk memantapkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi lokal dalam rangka memperkuat Ketahanan Pangan Nasional.

Dalam sambutannya, Gubernur NTT menyampaikan apresiasinya terhadap Program kepedulian TNI untuk mengerjakan lahan-lahan tidur di NTT, sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. Menurutnya, hal ini merupakan suatu terobosan yang sangat luar biasa.

“Sebagai Gubernur, saya mengapresiasi apa yang dikerjakan oleh bapak Danrem dan seluruh Timnya ini sudah sangat luar biasa. Diharapkan kolaborasi ini tetap berjalan dengan baik dan produktifitas akan meningkat, sehingga masyarakat di sini keluar dari kondisi sulit,” ucap VBL seraya memberikan jempol kepada seluruh anggota TNI yang berada di lokasi kegiatan.

Sementara itu, Danrem 161/WS dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Panen Raya Jagung kali ini adalah bukti kesungguhan dan kerja keras dalam sinergitas yang tinggi dari seluruh elemen pemerintah dan masyarakat, yang tentunya akan berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini.

“Adapun Luas Lahan Pertanian di Kampung Taiti, Desa Sillu, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, yang dikelola oleh kurang lebih 52 Kepala Keluarga Petani ini, memiliki luasan lahan terbuka 67 Hektar. Total lahan siap panen adalah 16 Hektar dari 49 Hektar yang telah ditanam, dengan volume jumlah hasil panen adalah 2,5 ton per hektar,” jelas Danrem.

Lebih lanjut Brigjen Febriel menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih serta penghargaan yang setingginya atas kesungguhan, kerja keras dan kerjasamanya kepada seluruh elemen pemerintah dan masyarakat, hingga berhasil melaksanakan Panen Raya, sebagai wujud nyata upaya mendukung peningkatan swasembada pangan di daerah ini

“Saya berharap pelaksanaan program peningkatan Swasembada Pangan di willayah NTT dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, lewat koordinasi dan sinergitas yang tinggi antara semua unsur baik itu TNI AD, Dinas Pertanian, Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat petani sebagai Pahlawan Swasembada Pangan,” demikian harap Danrem.

Usai pelaksanaan Panen Jagung Perdana, Danrem 161/WS dihadapan Gubernur NTT dan para Forkopimda, memberikan bantuan 8 buah Solar Cell pembangkit listrik yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi arus listrik untuk dimanfaatkan oleh masyarakat yang rumahnya belum dialiri listrik. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel