Kodam V/Brawijaya

Antisipasi Menghadapi Peningkatan Pemberdayaan Swasembada Pangan

Dibaca: 9 Oleh 14 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Kediri ( 12/9 ),  Peningkatan Produktifitas tanaman Padi di wilayah Kodim 0809/Kediri menjadi dasar pokok bahasan evaluasi kinerja Peran TNI    dalam mewujudkan Swasembada Pangan yang bertemapt di ruang rapat  Makodim 0809 pada tanggal 11 September 2015 yang di hadiri Perwira Staf, Para Danramil dan Danunit Intel Kodim 0809/Kediri.
Letkol Inf Purnomosidi menyampaikan pandangannya berdasarkan pantauan langsung di lapangan, Dinamika pemenuhan pangan pokok beras menjadi sangat strategis, mengingat hambatan dan problema menghadang kita guna mewujudkannya. Data lapangan menunjukkan beberapa jaringan irigasi di wilayah Kabupaten Kediri dalam kondisi rusak. Dandim 0809 menambahkan ,sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat, pemerintah telah menetapkan Pencapaian Swasembada Pangan Berkelanjutan yang harus dicapai dalam waktu 3 (tiga) tahun. Untuk pencapaian swasembada berkelanjutan tersebut diperlukan upaya peningkatan produksi yang luar biasa,  diperlukan perhatian dari berbagai pihak, mengingat banyak kendala harus diatasi dan berbagai tantangan harus diantisipasi, untuk peran TNI dalam mewujudkan Kemandirian Pangan menjadi dasar pokok dalam memecahkan segala permasalahan.
Pengawalan dan pendampingan menjadi unsur penting dalam menggerakkan para petani untuk dapat menyiapkan teknologi. Pengawalan dan pendampingan ini, tidak hanya dilakukan oleh para penyuluh dan Babinsa saja, melainkan mahasiswa dan penyuluh swadayapun dilibatkan. Penyuluh, Babinsa dan mahasiswa merupakan salah satu penggerak bagi para petani sebagai pelaku utama karena dapat berperan sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator. Kegiatan pengawalan dan pendampingan inilah yang selanjutnya disebut sebagai kegiatan UPSUS peningkatan produksi tiga komoditas padi, jagung, dan kedelai dalam upaya pencapaian swasembada berkelanjutan.
Selanjutnya Dandim 0809 didampingi Pasi Ter Kodim Kapten Inf Suliyono mengunjungi Kecamatan Mojo dan disambut hangat Camat Mojo , BPP Pertanian , Mantri Pertanian Kecamatan Mojo ,untuk melihat langsung Padi siap panen di wilayah Kecamatan Mojo, didampingi babinsa setempat.
 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel