Kodam V/Brawijaya

Babinsa Diwek  dan Warga Laksanakan Normalisasi Saluran Drainase Antisipasi Musim Penghujan

Dibaca: 16 Oleh 10 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Personil Koramil Diwek dan Warga Desa Pudong Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, tengah giat melakukan normalisasi saluran drainase air di Desa Pudong. Ini dilakukan untuk mengantisipasi saat musim penghujan yang sebentar lagi perkirakan akan turun. Danramil Diwek Kapten Inf Nasrullah menuturkan, sudah beberapa minggu ini, warga setempat aktif menormalisasikan saluran drainase air yang kian dangkal di wilayahnya itu. Rata-rata, kedalaman saluran tersebut satu meter.

“Ini memang jalan umum atau protokol, dan tiap kali hujan, di situ selalu banjir karena luberan dari irigasi yang dangkal,” ujar Kapten Nasrullah,  minggu 8 Nopember 2015. Normalisasi tersebut bakal terus berjalan hingga satu bulan kedepan. Sekitar 20 orang turun untuk membersihkan selokan itu. Selain warga, normalisasi juga dibantu oleh personil Koramil Diwek.

Drs.SriHandayani selaku Kepala Desa Pudong menjelaskan, saluran drainase yang mengarah kesungai kedalaman selokan hanya lima sentimeter, dan dipenuhi berbagai sampah, seperti bekas-bekas daun pohon kelapa, bambu, kayu, sampah dari warga dan lumpur serta pasir yang sudah lama mengendap. Saluran air yang kearah Sungai itu terbentang sepanjang 400 meter. Kebanyakan, sampah di sana berasal dari masyarakat. Akibatnya, ketika turun hujan meski tidak lebat, selalu terjadi banjir di desa tersebut.(Penrem 082/CPYJ). Authentifikasi : Kapenrem 082/CPYJ, Mayor Arm Imam Duhri

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel