Kodam Iskandar Muda

Babinsa Kodim 0111/Bireuen Bantu Petani Membersihkan Gulma

Dibaca: 173 Oleh 25 Agu 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bireuen, Dalam meningkatkan swasembada pangan, Babinsa Kodim 0111/Bireuen Koramil 01/Kota Juang, Pos Koramil Jeumpa melaksanakan pembersihan gulma padi bersama Kelompok Tani di Desa Glumpang Baroh Kecamatan Jeumpa, Bireuen. Selasa (25/8).

Hal ini salah satu upaya yang dilakukan Babinsa bersama petani yaitu dengan cara dibersihkan atau dicabut sampai ke akarnya.

Ada beberapa hal yang dilakukan para petani dalam membersihkan gulma diantaranya dengan cara manual/tenaga manusia yaitu dicabut menggunakan tangan dan alat-alat sederhana. Selain itu gulma juga bisa dikendalikan secara kimiawi dengan menggunakan herbisida baik yang bersifat kontak maupun sistemik. Namun dalam penggunaan herbisida harus memenuhi lima kriteria tepat yaitu tepat jenis, tepat sasaran, tepat dosis, tepat waktu dan tepat cara.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan hasil padi yang sesuai dengan harapan, karena untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan tersebut harus dimulai dari awal, yaitu sejak dilakukan pengolahan lahan sampai tanaman itu bisa di panen.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel