Kodam V/Brawijaya

Babinsa Kodim 0830/Surabaya Utara Bantu Tanam Padi di Benowo

Dibaca: 59 Oleh 24 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Surabaya,- Komandan Koramil (Danrmil) 0830/06 Benowo Mayor Arm Sugiyanta, perintahkan Babinsa membaur dengan petani untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.  Sabtu 23 Januari 2015.

Apara Babinsa terjun langsung dengan pakaian dinas tentaranya, memberi contoh kepada petani tentang sistem tanam jajar legowo, dilahan pertanian Benowo Surabaya.

Danramil Mayor Arm Sugiyanta, mengatakan yang dikerjakan Bintara dari Koramil 0830/06 Benowo ni, adalah bagian dari program khusus pemerintah melalui TNI untuk menjadi pionir (pelopor) sistem penanaman padi modern yang bisa meningkatkan produksi tanaman 12 % hingga 30% dari tanam padi secara normal.

“Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi petani menanam padi karena saat ini memasuki musim hujan bertepatan dengan masa tanam sebagian areal sawah di Benowo,” katanya.

Ia mengatakan petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan “jajar legowo” dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.

“Pada program ketahanan pangan di Benowo, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan,” tuturnya.

Menurutnya, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola “jajar legowo”, tetapi berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya.

“Anggota Babinsa bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di benowo,” katanya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel