Kodam V/Brawijaya

Babinsa Kodim Ngawi ini, Mengajar di SMPN

Dibaca: 60 Oleh 22 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Ngawi – Jajaran Kodim 0805/Ngawi, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pos BBS Kopda Tukimin, sedang mengajar dan memberikan pelatihan pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika di SMPN Gerih Ngawi, Senin (21/09/2015).

Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika merupakan wujud bentuk kepedulian dari TNI AD untuk membentuk generasi muda yang mempunyai sikap, disiplin dan berkepribadian Pancasila.

Kopda Tukimin menjelaskan bahwa “Pelajar merupakan harapan dan masa depan Indonesia. Merekalah yang akan mewarisi dan melanjutkan perjuangan bangsa.  Pelajar menempati kedudukan yang amat strategis”,.

Lebih lanjut, Tukimin, menjelaskan Pertama, di negara manapun di dunia, posisi pelajar, siswa dan mahasiswa sangat penting karena merekalah pemilik masa depan.

Kedua, tantangan di masa depan jauh lebih kompleks dan berat, karena itu pelajar, siswa dan mahasiswa harus dibekali iman yang kuat, dan penguasaan ilmu pengetahuan sebagai sumber kekuatan untuk melanjutkan perjuangan bangsa.

Ketiga, iman yang kuat dan penguasaan ilmu pengetahuan, harus pula dibarengi dengan penanaman nasionalisme kepada generasi muda terutama pelajar, siswa dan mahasiswa. Nasionalisme dalam arti cinta tanah air sangat penting ditanamkan kepada pelajar karena kalau tidak memiliki nasionalisme, maka Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara akan sulit bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia”, jelasnya.

Sedangkan materi yang diberikan pada kegiatan Kepramukaan Saka Wira Kartika kali ini dengan memberikan materi Krida Survival, diharapkan dengan pengenalan dan pemberian materi tersebut, mereka akan mempunyai bekal untuk dapat bertahan hidup di alam bebas jika nanti diterjunkan dalam suatu penugasan seperti perbantuan terhadap penanggulangan bencana alam, papar Tukimin.

Lebih lanjut Tukimin menjelaskan bahwa kegiatan Kepramukaan Saka Wira Kartika merupakan kegiatan yang secara rutin dilaksanakan di sekolah-sekolah oleh seorang Babinsa di wilayah.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel