Kodam IV/Diponegoro

Babinsa Koramil 01/Demak Kota Melaksanakan Pengawasan dan Membantu Pembangunan Irigasi

Dibaca: 335 Oleh 02 Jul 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Selasa tanggal 30 juni 2015 Kodim 0716/Demak yang di wakili Babinsa Koramil 01/Demak Kota serda Muklish Bersama Dinas Pertanian Kabupaten Demak melaksanakan pemantauan, pengecekan dan pengawasan pembangunan irigasi pada pengembangan irigasi di Desa Bango Kec.Demak Kota pengembangan irigsai kepada kelompok tani Kenanga bapak Mudiono telah selesai 100 % pembangunan irigasi sepanjang 544m x 30 cm pada tanggal 30 Juni 2015.

Pembangunan irigasi dan pencetakan lahan sawah baru adalah aktivitas pembangunan pertanian yang saling berkaitan langsung dan membutuhkan investasi modal dalam jumlah yang sangat besar. Sayang kedua jenis pembangunan sering berjalan kurang selaras. Sering terjadi pembangunan irigasi dilakukan namun di sisi lain terjadi konversi lahan sawah ke penggunaan lahan lainnya seperti pemukiman, industri, perkebunan pembangunan sarana/prasarana umum, usaha dan lainnya.

Konversi fungsi lahan pertanian merupakan salah satu fenomena yang cukup banyak terjadi saat ini, khususnya lahan sawah yang semakin terus menyempit dan beralih fungsi menjadi lahan non pertanian. Secara ekonomi akan lebih buruk lagi apabila lahan yang dikonversikan adalah lahan sawah yang telah dilengkapi dengan fasilitas irigasi. Ternyata laju konversi lahan pertanian untuk penggunaan lain lebih dominan terjadi di Pulau Jawa,

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel