Kodam V/Brawijaya

Babinsa Ramil Sepulu Bekali Wawasan Kebangsaan Pelajar SDN 2 Banyior

Dibaca: 69 Oleh 07 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bangkalan,- Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-citanya dimasa yang akan datang, untuk itu Babinsa Koramil 0829/16 Sepulu jajaran Kodim 0829/Bangkalan memberi bekal wawasan kebangsaan pada pelajar SDN 2 Banyior.   Kamis 7 Januari 2016.

Sesuai dengan levelnya tentu pemberian wawasan tersebut harus disesuaikan dengan keadaan usianya, sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupannya. Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 0829/16 Sepulu Sertu Shodikun dalam memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar SDN 2 Banyior yang diadakan di ruang Kelas V dan VI dan diikuti oleh 71 siswa dan siswi.

Kapten Inf M Yusron selaku Danramil 0829/16 Sepulu saat dikonfirmasi membenarkan adanya pemberian Wasbang tersebut, sebagai program yang telah ditentukan oleh Komando Atas yang merupakan bagian dari penjabaran program Binter. Dalam hal ini 0829/16 Sepulu berkoordinasi dengan UPT Dinas Pendidikan kecamatan Sepuluh dan Kepala Sekolah SDN 2 Banyior untuk memberikan waktu bagi anggota Koramil memberikan pembekalan Wasbang kepada siswa-siswinya.

Dalam pemberian materi tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD, yakni dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan-santun dan giat belajar sebagai bagian dari perjuangannya adik-adik pelajar. Sehingga tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan dan nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Hal senada juga disampaikan oleh Komandan Kodim 0829/Bangkalan, Letkol Sunardi Istanto, SH, beliau membenarkan adanya program pemberian Wasbang tersebut. “Tentunya baik tingkat Danramil maupun Babinsa sudah kami berikan tata cara pemberian Wasbang utamanya kepada siswa-siswi diwilayahnya. “ Ucapnya.

Menurutnya, dalam penyampaian Wasbang hendaknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi, dalam artian bagaimana pemberian Wasbang kepada siswa-siswi SD karena mereka masih anak-anak, tentunya harus ada pola yang cermat dan tepat sehingga Wasbang yang diberikan mampu dipahami dengan baik.

Terkait tujuan diadakannya Wasbang, Letkol Sunardi Istanto, SH, juga menyampaikan bahwa pemberian pemahaman terhadap Wasbang utamanya kepada anak-anak SD memiliki nilai yang sangat strategis. Hal ini tentunya dalam rangka pembinaan sumber daya manusia khususnya anak-anak dan generasi muda untuk lebih mencintai tanah airnya, memiliki rasa bela negara, memiliki semangat juang dalam belajarnya serta tumbuh rasa saling menghormati antar sesama semenjak dini serta untuk menunjang pertahanan semesta sebagai sitem pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel