Kodam IV/Diponegoro

Bamin Bhakti TNI Koramil 14 Purwodadi Membuat Kentongan

Dibaca: 26 Oleh 11 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kentongan merupakan salah satu alat komunikasi tradisional yang telah lama digunakan oleh masyarakat. Kentongan pada saat ini sudah jarang digunakan oleh masyarakat, bahkan di pedesaan pun sudah jarang menggunakan kentongan sebagai alat komunikasi. Kentongan sebagai alat komunikasi, mungkin ada bendanya (kentongan) tp tdk digunakan sebagai alat komunikasi, hanya digunakan sebagai hiasan atau aksesoris interior ruangan atau diluar ruangan.

Kentongan biasanya terbuat dari bambu atau bonggol batang kelapa, bahkan bonggol bambu pun bisa dimanfaatkan untuk membuat kentongan. Bahkan oleh beberapa orang, kentongan dari bahan bonggol kelapa atau bonggol bambu bisa dibuat dengan berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk bebek, angsa, dll, bahkan yang terbuat dari bahan kayu bisa dibuat dengan bentuk cabe atau lombok dengan ukuran yang cukup besar.

Kentongan sebagai alat komunikasi adalah alat yang murah dan sederhana. Karena kesederhanaan dan harga yang murah, maka kentongan dimanfaatkan oleh DESTANA ( Desa Tangguh Bencana) Desa Gedangan sebagai alat komunikasi. Apalagi bahan kentongan yang terbuat dari bambu mudah didapatkan dilingkungan sekitar Desa Gedangan. Desa Gedangan termasuk desa yang berlokasi di pinggir pantai, sehingga masyarakat desa Gedangan khawatir akan ancaman bencana tsunami.

Oleh karena lokasi Desa Gedangan yang dipinggir pantai, maka dirintis dan dibentuklah DESTANA Desa Gedangan. Bamin Bhakti TNI, Pelda Ngabdullah & babinsa Desa Gedangan, Serma Widodo, anggota Koramil 14 Purwodadi, membantu DESTANA Desa Gedangan membuat kentongan sebagai alat komunikasi massal. Kentongan yang dibuat berbahan bambu ini mengambil dari lingkungan sekitar desa Gedangan, karena pohon bambu banyak terdapat di Desa Gedangan.

Diharapkan dengan adanya kentongan, maka apabila terjadi bencana alam atau tindak kejahatan disekitar Desa Gedangan, kentongan ini akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Gedangan sebagai alat komunikasi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel