Kodam II/Sriwijaya

Bangun Rukan Untuk Ciptakan Keamanan Masyarakat Di Pedesaan

Dibaca: 594 Oleh 15 Mar 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

Tanjungpandan. Pembina Desa (Babinsa) di Kodim 0414 Belitung sekarang memiliki rumah dan Kantor (Rukan). Bupati Belitung Bapak Sahani Saleh secara resmi meletakan batu pertama pembangunan Rumah Kantor keamanan Desa yang di pusatkan di Kantor Desa Aik Merbau Kecamatan Tanjungpandan Kab. Belitung. Selasa 14/3/2017 Siang.

Dalam acara peletakan batu pertama tersebut Bapak Katto selaku Kades Aik Merbau mengatakan dalam sambutannya bahwa pembangunan rumah keamanan Desa merupakan sarana keamanan untuk kepentingan masyarakat di pedesaan. “Rumah keamanan ini juga dapat digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai macam persoalan,” jelas Kepala Desa.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Se Indonesia (Apdesi) Belitung Bapak. Karyadi, mengucapkan terima kasih kepada unsur Tripilar Desa yaitu Babinsa, Babinkamtibmas maupun Kepala Desa yang bisa bekerja sama dalam membangun Desa untuk menjadi mitra dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban serta mendukung pembangunan di Desa.

Sedangkan Kapolres Belitung AKBP Sunandar mengatakan ada 4 Hal yang penting dalam dalam pembangunan Rumah keamanan Desa yaitu pertama, Rukan dapat digunakan untuk mencegah dan melakukan tindakan dini terhadap kerawanan ancaman gangguan keamanan. Kedua Rukan merupakan sarana prasarana Desa yang dapat digunakan untuk silaturami dan bekerja sama dalam menjamin berlangsungnya pembangunan di Desa serta untuk menjadi tempat menjaga keamanan dan ketertiban di Desa. Ketiga Rukan sebagai Sarana dan prasarana Desa digunakan untuk kepentingan Desa dan yang Keempat Rukan menjadi pintu terdepan untuk menyelesaikan setiap permasalahan.

Baca juga:  Danrem 043/Gatam Hadir Pada Acara Rapat Koordinasi Penyelenggaran Pemilu 2014

Selanjutnya Bupati Belitung H . Sahani Saleh. SE. dalam sambutannya mengatakan bahwa syarat untuk melaksanakan program pembangunan di suatu wilayah adalah rasa aman. “Apa lagi Belitung menjadi Miniatur Indonesia dalam Parawisata maka keamanan menjadi perioritas utama,” tegas bupati. “Dengan adanya Rumah Kantor Keamanan Desa ini diharapkan akan menciptakan keamanan, sehingga para wisatawan akan datang ke Belitung dengan rasa aman dan nyaman,” lanjut Bupati. Diakhir sambutannya Bupati H Sahani Saleh SE menegaskan kembali kepada aparat keamanan untuk menindak tegas setiap kejahatan.

Dalam acara ini selain unsur Forkompinda Kabupaten Belitung hadir pula Danlanud diwakili Kadispers Lanud, Danramil Tanjungpandan, Para Camat se-Belitung, Para Kades se-Belitung, Dansub Denpom, Para Babinkamtimas, Para Babinsa, Para tokoh agama dan pemuda wilayah Kabupaten Belitung.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel