Berita Satuan

Bimbingan Belajar Satgas Yonif R 100/PS Cerdaskan Anak Workwana

Dibaca: 6 Oleh 22 Okt 2020Tidak ada komentar
Bimbingan Belajar Satgas Yonif R 100/PS Cerdaskan Anak Workwana
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Mewujudkan anak-anak Papua yang pintar merupakan wujud nyata yang selalu dilakukan Satgas Yonif Raider 100/PS, salah satunya dengan rutin memberikan Bimbingan Belajar (Bimbel) kepada anak-anak perbatasan RI-PNG di Balai Desa Kampung Workwana, Distrik Arso.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf M. Zia Ulhaq, dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (22/10/2020).

Diungkapkan Dansatgas, selain bertugas menciptakan kondisi aman serta memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah perbatasan, Satgas Yonif Raider 100/PS juga memberikan Bimbingan Belajar seperti yang dilakukan oleh personel Pos Workwana dengan mengajarkan anak-anak baca tulis serta pengetahuan tentang wawasan kebangsaan.

“Kegiatan ini berawal dari rasa keprihatinan dalam menyelamatkan masa kecil mereka melalui belajar tambahan, apalagi di mana masa pandemi Covid-19 membuat proses belajar mereka terbatas,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, personel Satgas 100/PS khususnya Pos Workwana juga memiliki kemampuan sebagai tenaga pendidik sehingga turun langsung memberikan pelajaran.

“Adalah Praka Derys dan Praka Deni yang memiliki kemampuan yang sudah disiapkan sebelum berangkat operasi dengan penuh kesabaran mengajarkan anak-anak di Kampung Workwana membaca, menulis maupun ilmu pengetahuan lainnya,” jelasnya.

Dikatakan pula, walau pada awalnya minat belajar dari anak-anak di sini sangat kurang, tetapi setelah kami cari solusinya semangat belajar dari anak-anak mulai timbul.

“Dan inilah yang membuat kami optimis, anak-anak di sini mampu mengikuti pelajaran yang kita berikan, “ tandasnya.

Di tempat terpisah, Praka Derys mengungkapkan, awal-awalnya anak-anak ini lebih suka bermain daripada belajar, karena memang selama ini kurang bimbingan.

“Tapi kami punya kiat, di saat belajar kita selingi mereka dengan permainan pula agar tidak cepat bosan,” sambungnya.

“Selain itu, kami (Satgas) dalam setiap kegiatan Bimbel ini memberikan Reward kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan maupun benar dalam menjawab soal lainnya,” tutur Praka Derys.

Sementara itu, Numbere (62) merupakan salah satu pensiunan guru yang sekarang aktif di kegiatan keagamaan mengatakan, bangga dengan kehadiran personel Satgas Yonif Raider 100/PS ini mengajarkan anak-anak sampai bisa membaca, menulis dan berpuisi juga ada.

Bimbingan Belajar Satgas Yonif R 100/PS Cerdaskan Anak Workwana

“Jika sebelumnya anak-anak ini seharian bermain, kini tidak lagi dan mereka begitu antusias mengikuti bimbel ini.

“Kami sungguh bangga, semoga melalui tangan dingin dan bimbingan Bapak Satgas yang baik hati, anak-anak kami ini makin serius dan giat belajar menuntut ilmu,” pungkasnya senang. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel