Berita Satuan

Turunkan Angka Penyakit Infeksi Anak , Satgas Yonif Raider 100/PS Gelar Pelayanan Kesehatan

Dibaca: 37 Oleh 08 Sep 2020Tidak ada komentar
Turunkan Angka Penyakit Infeksi Anak , Satgas Yonif Raider 100/PS Gelar Pelayanan Kesehatan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Untuk menurunkan tingginya angka penyakit infeksi pada anak di wilayah Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS Pos Kotis bekerja sama dengan Puskesmas Ywan menggelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk pemeriksaan kesehatan ibu dan anak balita serta ibu hamil di Kampung Wonorejo, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf Muhammad Zia Ulhaq dalam keterangan tertulisnya di Keerom, Papua, Selasa (8/9/2020).

Dijelaskannya, kegiatan Posyandu yang rutin setiap bulan digelar ini, selain memantau perkembangan kesehatan Ibu dan anak, juga untuk mencegah berbagai macam penyakit yang sering dialami anak-anak usia balita terutama penyakit infeksi.

“Posyandu merupakan ujung tombak kesehatan anak,karena kegiatan tersebut kita dapat melihat tumbuh kembangnya anak dan kesehatan ibunya, karena kesehatan ibu juga berpengaruh besar pada tumbuh kembang anak, terlebih yang masih menyusui dan ibu hamil, “ ujrnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada pelaksanaan kegiatan tersebut untuk memastikan tumbuh kembang balita yang meliputi timbangan, pengukuran tinggi badan, pemberian Vitamin A, imunisasi, layanan KB, dan pemeriksaan ibu hamil serta dilanjutkan sosialisasi kesehatan dan himbauan tentang mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Di tempat terpisah, dokter Satgas Letda Ckm dr. Teguh Pratikto yang terjun langsung pada kegiatan Posyandu ini mengatakan bahwa perkembangan balita dipantau melalui grafik pertumbuhan.

“Apakah grafiknya naik, tetap atau turun, jika tetap atau turun petugas kesehatan menggali informasi kenapa hal tersebut terjadi dan memberikan solusi agar tidak mengalami penurunan grafik tumbuh kembang. jika menurun drastis dimungkinkan adanya mengalami gangguan penyakit,” jelasnya.

Turunkan Angka Penyakit Infeksi Anak , Satgas Yonif Raider 100/PS Gelar Pelayanan Kesehatan

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ywan Erna Yatti Renyaan mengucapkan terima kasih atas bantuan personel kesehatan Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Kotis dalam setiap penyelenggaraan Posyandu di Kampung Wonorejo.

“Adanya bantuan dari Bapak TNI yang selama ini selalu membantu, tentunya membuat petugas Puskesmas Ywan terbantu dalam melaksanakan kegiatan Posyandu dan sekaligus pelayanan kesehatan bagi warga, terlebih adanya dokter dari TNI, ” pungkas Erna. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel