Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Buktikan Komitmen Rehabilitasi Hutan yang Rusak, Pangdam Cenderawasih Tanam Ribuan Pohon

Dibaca: 148 Oleh 16 Des 2023Tidak ada komentar
Buktikan Komitmen Rehabilitasi Hutan yang Rusak, Pangdam Cenderawasih Tanam Ribuan Pohon
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Membuktikan komitmennya untuk merehabilitasi hutan yang rusak, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han. memimpin jajarannya melakukan penanaman kembali ribuan pohon di Bukit Robong, Distrik Sentani Timur, Kab. Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (14/12/2023).

Dalam kegiatan yang dihadiri para pejabat utama Kodam Cenderawasih, Forkopimda dan pejabat Polda Papua, serta tokoh-tokoh masyarakat Papua ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari Juang TNI AD ke-78, yang tahun ini mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”.

Pangdam menekankan pentingnya penanaman pohon untuk menjaga lingkungan agar lebih sehat dan lestari. Terutama mengingat Distrik Sentani, Jayapura, pernah diterjang banjir bandang pada 2019 silam. Untuk itu dipilihlah kawasan konservasi alam pegunungan Cycloop sebagai lokasi penanaman pohon, karena perannya sebagai penghasil oksigen, penyuplai air bagi Danau Sentani, kekayaan potensi hayatinya baik flora maupun fauna, serta fungsinya sebagai laboratorium bagi penelitian ilmiah tentang ekosistem.

“Ini menjadi momentum yang baik untuk menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan. Mari kita bersinergi melakukan berbagai kegiatan untuk menjaga ekosistem Papua, agar tanah Papua yang kita cintai ini makin lestari dan hijau dengan segala keragamannya,” ujarnya seraya mengucap terima kasih kepada Lot Pepuho selaku Ondoafi (pemilik tanah ulayat daerah Asei Kecil yang menjadi lokasi penanaman pohon).

Baca juga:  DPO Polsek Muara Tami Di Tangkap Prajurit Kostrad Saat Sweeping

Berbekal harapan banjir bandang tak terjadi lagi di masa depan, Pangdam berkomitmen untuk menanam kembali hutan-hutan yang rusak. Ia juga mengungkap bahwa 3.000 pohon ditanam serentak oleh jajaran Kodam Cenderawasih sebagai langkah awal, dan ke depan ada wacana penanaman Kopi Liberika di dataran rendah, yang bisa menjadi komoditi sumber penghasilan baru masyarakat di sekitarnya.

Merespon pernyataan Pangdam, Ondoafi berharap pohon yang ditanam tidak terbakar, karena nantinya masyarakat juga yang akan merugi jika tanaman ini tidak tumbuh dengan baik. Ia bahkan berjanji untuk mengawasi lokasi penanaman pohon agar terhindar dari kebakaran.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan pohon secara simbolis kepada perwakilan TNI-Polri dan masyarakat, serta video conference yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. dengan seluruh Pangdam Se-Indonesia. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel