Kodam XIV Hassanudin

Cegah Konflik Sosial, Korem 143/HO Sosialisasi Binkom AGHT

Dibaca: 51 Oleh 12 Okt 2021Tidak ada komentar
Cegah Konflik Sosial, Korem 143/HO Sosialisasi Binkom AGHT
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id- Sosialisasi Pembinaan Komunikasi (Binkom) Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) Cegah Konflik Sosial kepada segenap komponen masyarakat di wilayah Provinsi Sultra diselenggarakan oleh Korem 143/HO bertempat di Aula Jenderal Soedirman, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh Kasrem 143/HO Kolonel Inf Tri Rana Subekti, mewakili Danrem, didampingi Ketua Tim Sintel TNI Angkatan Darat Kolonel Inf Yudi Pranoto.

Hal ini disampaikan Penerangan Korem 143/HO dalam keterangan tertulisnya Selasa, (12/10/2021)

Cegah Konflik Sosial, Korem 143/HO Sosialisasi Binkom AGHT

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) guna mencegah dan meredam potensi konflik sosial yang terjadi di wilayah Sultra dihadapkan dengan posisi kita sebagai salah satu wilayah yang rawan konflik, terutama konflik yang bersifat vertikal dan horisontal,” tegas Danrem.

Lanjut dikatakan dalam sambutan Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem 143/HO Kolonel Tri Rana Subekti, Danrem mengatakan bahwa pencegahan konflik merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik dengan peningkatan kapasitas kelembagaan dan sistem peringatan dini.

“Untuk mencegah terjadinya konflik di tengah masyarakat, maka masyarakat harus mempunyai rasa toleransi atau saling menghargai antar sesama dan harus saling menghormati. Hal itu akan membuat masyarakat hidup rukun dan damai,” kata Danrem.

Cegah Konflik Sosial, Korem 143/HO Sosialisasi Binkom AGHT

Oleh karena itu TNI dan Polri tidak bisa berdiri sendiri, perlu sinergitas kelembagaan untuk mencegah konflik sosial dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pranata Adat, dan/atau Satuan tugas yang ada.

“Keanekaragaman suku, agama, ras dan budaya Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 230 juta jiwa, di satu sisi merupakan kekayaan bangsa yang secara langsung ataupun tidak langsung dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat. Namun disisi lain, kondisi tersebut dapat membawa dampak buruk bagi kehidupan nasional apabila terdapat ketimpangan pembangunan, ketidakadilan dan kesenjangan sosial dan ekonomi, serta ketidak terkendalian dinamika kehidupan politik, ” lanjutnya.

“Untuk itu diharapkan semua peserta sosialisasi bisa mengikuti dengan cermat dan apabila ada hal-hal yang kurang jelas dapat didiskusikan sebagai langkah dalam upaya mencegah timbulnya konflik di wilayah Sultra, wilayah kita bersama guna menciptakan daerah yang aman dan damai,” tegas Brigjen Jannie.

Sementara itu Asintel Kasad Mayjen TNI Suko Pranoto dalam sambutannyavyang dibacakan oleh Kolonel Inf Yudi Pranoto mengajak segenap komponen bangsa untuk bersama – sama menjaga bangsa dan negara ini.

“Segera laporkan jika ada hal yang dianggap bisa menimbulkan masalah, jangan mudah terprovokasi oleh pihak pihak tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

“Untuk itu guna mencegah terjadinya konflik sosial, perlu adanya upaya yang dilakukan, terutama di lingkungan masyarakat, dan ini merupakan salah satu upaya kita bersama,” imbuh Kolonel Yudi.

Cegah Konflik Sosial, Korem 143/HO Sosialisasi Binkom AGHT

Asintel Kasad mengucapkan terima kasih kepada Bapak Danrem 143/HO atas terwujudnya kegiatan Binkom AGHT, khususnya juga kepada narasumber yang sudah meluangkan waktunya untuk membantu pelaksanaan kegiatan.

“Saat ini seluruh dunia sedang menghadapi Pandemi Covid, secara ekonomi dampak kebijakan Pemerintah yang dianggap kurang bijak dapat menimbulkan pro dan kontra”, tegas Asintel Kasad Mayjen TNI Suko Pranoto.

Adapun kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Binkom AGHT Cegah Konflik Sosial dari ke 2 narasumber yang disampaikan oleh pemapar yaitu Bapak Hamdani Piabang, Kepala Bidang Ketahanan Seni Budaya Budaya, Agama, Kemasyarakatan dan Ekonomi Kesbangpol Prov. Sultra dan AKBP Eddy Mulsupriyanto, S.E., Kasubdit 3 Sosial Budaya Ditintelkam Polda Sultra, yang diakhiri dengan acara tanya jawab kepada para peserta sosialisasi.

Turut Hadir dalam kegiatan Kasi Intel Kasrem 143/HO Kolonel Inf Ir. Joko Tri Hadimantoyo, M.M., Kasi Log Kasrem 143/HO Kolonel Cpl Daniel Cristof Hutubessy, S.Sos, Kasiter Kasrem 143/HO Kolonel Inf Ahmad Hadi Hariono, Kabag Ops Binda Sultra Kolonel Inf Sarifudin , Kasubdit 3 Sosial Budaya Ditintelkam Polda Sultra AKBP Eddy Mulsupriyanto, S.E , Dandenpom XIV/3 Kendari Letkol Cpm Henri Sirait , Pasi Intel Korem 143/HO Mayor Inf Sundoyo, Dandenma Korem 143/HO Mayor Chb Made Armika , Dandenpal XIV/3 Kendari Mayor Cpl Andi Yuliandi, Danramil 1417-10/Kota Kapten Inf Tasliem, Kakum Rem 143/HO, Kapten Chk Agung Widhi Imanuel S.H., MH ,Wadantim Intelrem 143/HO Lettu Inf Fransiskus, Pasi 3 Yonif 725/Wrg Lettu Inf Rahman, Kepala Bidang Ketahanan Seni Budaya Budaya, Agama, Kemasyarakatan dan Ekonomi Kesbangpol Provinsi Sultra Hamdani Piabang dan 200 orang peserta kegiatan Sosialisasi. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel