Kodam XVII/Cenderawasih

Dandim 1702/JWY Ajak Masyarakat Pegunungan Letakkan Busur Dan Panah Angkat Cangkul Dan Sekop Untuk Berkebun

Dibaca: 17 Oleh 14 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

“ Saya berharap dengan beberapa alat pertanian yang sudah kami berikan dapat bermanfaat untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat memudahkan masyarakat untuk berkebun ”. Demikian disampaikan oleh Dandim 1702/Jayawijaya Letnan Kolonel Inf Muhammad Aidi, S.IP ketika menyerahkan alat pertanian berupa Satu Unit Hand traktor, Lima buah Sekop dan Lima buah Linggis kepada Bapak. Yali Mabel Kepala Suku Kampung Yiwika dan Yani Mabel Perwakilan Anak Muda Kampung Yiwika, pada Rabu 13 Januari 2016 bertempat di Kampung Yiwika Jalan Trans Kurulu Distrik Kurulu Kabupaten Jayawijaya yang dihadiri oleh sekitar 50 orang masyarakat Kampung Yiwika.

Pada kesempatan tersebut Dandim menyampaikan, puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME atas berkat dan rahmat-NYA kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat, dalam rangka penyerahan alat pertanian dari Kodim 1702/Jayawijaya kepada masyarakat Kampung Yiwika Distrik Kurulu. Seiring dengan perkembangan zaman maka sekarang senjata masyarakat adalah Sekop, Linggis dan Cangkul, bukan lagi Panah, Busur dan Tombak, sebab alat ini merupakan senjata tajam yang digunakan untuk berperang. Oleh sebab itu jadikanlah benda-benda tersebut sebagai benda pusaka yang dapat dikenang sepanjang masa. Sekarang ini kita hidup butuh makan oleh karena itu kita harus berkebun agar hasil kebun itulah yang dimakan dan bisa bertahan hidup,” jelas Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, “ Saya harap kepada masyarakat dengan bantuan alat pertanian yang sudah saya berikan ini dapat menjadi motivasi untuk masyarakat yang lain dimana seluruh masyarakat wajib memiliki Sekop, Cangkul atau Linggis agar dapat berkebun dengan mudah. Sebagai contoh dalam satu keluarga ada 5 orang dewasa maka didalam rumah itu harus memiliki 5 buah sekop, atau 5 buah cangkul. Semoga dengan beberapa alat pertanian yang telah kami berikan dapat bermanfaat untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat memudahkan masyarakat untuk berkebun. Demikian juga anak-anak muda yang berada di Kampung ini harus menjadi pelopor orang tua dan jangan lagi mengkonsumsi minuman keras, sebab minuman keras itu dapat merusak kesehatan kita dan yang lebih penting lagi massa depan kita. Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh anak-anak muda yang ada di kampung ini agar waktu luangnya digunakan untuk berkebun. Karena dari hasil kebun itu kita dapat makan supaya tubuh kita menjadi kuat dan sehat,” ungkapnya.

Kepala Suku Kampung Yiwika Bapak Yali Mabel pada kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dandim atas bantuan yang telah diberikan. “ Kami sangat berterimakasih kepada Dandim 1702/Jayawijaya yang telah tulus mebantu dan meringankan beban kami dengan memberikan alat pertanian ini kepada kami masyarakat kampung Yiwika, karena dengan bantuan alat pertanian ini kami dapat berkebun dengan baik dan hasil kebun kami pasti lebih banyak dibanding dengan hasil kebun yang sebelumnya. Kami juga berterimakasih kepada Bapak Babinsa yang selalu setia mendampingi kami dalam setiap pelaksanaan kegiatan baik dalam kegiatan buka lahan, menanam bibit dan memanen hasil kebun kami,” kata Ketua Suku. “ Kami berharap agar hubungan kerja sama masyarakat Kampung Yiwika dengan Kodim 1702/Jayawijaya tidak cepat hilang melainkan terus berjalan dengan baik dan saling membantu satu dengan yang lain, “ imbuhnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel