Kodam XVI/Patimura

Dandim Apresiasi Hasil Produksi Perdana 12,747 Ton Padi Desa Saketa

Dibaca: 54 Oleh 14 Jan 2017Januari 19th, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Prestasi gemilang kembali diukir oleh Gapoktan Dusun Marimoi, Desa Saketa, Kecamatan Gane Barat, Kabupaten Halmahera Selatan dibawah binaan Babinsa Ramil 1509-07/Saketa Sertu Kilab Husain yang berhasil Panen Perdana dengan hasil yang terbilang memuaskan pada Rabu 11 Januari 2017 lalu.

Tercatat dari jumlah lahan hasil cetak sawah seluas 8.40/Ha berhasil menghasilkan Gabah Basah sejumlah 12,747 Ton atau dengan prosentase 1,5 Ton/Ha, pencapaian tersebut termasuk berhasil untuk ukuran panen perdana. Hal ini mengingat keterbatasan baik dari segi pengalaman maupun kesiapan faktor penunjang karena lokasi tersebut merupakan lahan pertanian baru hasil cetak sawah.

Sementara itu, ditempat terpisah Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Joni Widodo menyampaikan bahwa keberhasilan Gapoktan binaan Babinsa Ramil Saketa merupakan buah dari perjuangan panjang serta ketekunan petani dan Babinsa dalam mengolah lahan pertanian padi. “Oleh karenanya saya mengapresiasi sambil terus mendorong agar jangan serta merta berpuas diri. Justru harus dapat menjadi pelecut untuk terus meningkatkan hasil produksi melalui penerapan teknologi pertanian modern maupun pemanfaatan bantuan bibit unggul serta alsintan sehingga proses penggarapan hingga masa panen dapat berjalan secara efektif dan mendongkrak angka produksi dalam rangka mensukseskan Indonesia Swasembada Pangan. Saat ini berdasarkan data dari Kementan hampir dicapai,” pungkas Dandim. (Penrem 152)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel