Skip to main content
Badan Pelaksana Pusat

Danpussenarmed Tinjau Pelaksanaan Latihan Menembak Uji Fungsi Meriam 105 mm

Dibaca: 54 Oleh 27 Okt 2022Tidak ada komentar
Danpussenarmed Tinjau Pelaksanaan Latihan Menembak Uji Fungsi Meriam 105 mm
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Mayjen TNI Yudhy Chandra Jaya M.A. didampingi Dirsen Pussenarmed Brigjen TNI Syaeful meninjau pelaksanaan Latihan Menembak Senjata Darat (Latbakjatrat) yang dilaksanakan oleh Bengpuspal dalam rangka Uji Fungsi Meriam 105 mm di Lapangan Tembak Batujajar, Jawa Barat.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Pussenarmed, Rabu (26/10/2022), sejumlah 41 pucuk meriam 105 mm M 101 A1 hasil rehab dari Bengpuspal dilaksanakan uji fungsi oleh Bengpuspal di Lapangan Tembak senjata berat Pussenarmed, Batujajar, dan ada 3 hal yang menjadikan materi uji pada uji fungsi kali ini, yakni uji sistem penembakan, ratifikasi alat bidik dan uji sistem gerak mundur dari laras meriam.

Uji Fungsi yang dilakukan selama dua hari ini merupakan jenis uji merusak (destructive test) lanjutan dari uji tidak merusak (non destructive test) yang telah dilaksanakan di Bengpuspal seminggu sebelumnya.

Tujuan uji fungsi meriam 105 mm Howitzer oleh tim Bengpuspal itu sendiri adalah untuk mengetahui sejauh mana meriam 105 mm Howitzer kelayakan untuk dipergunakan oleh satuan Armed dalam tugasnya untuk melaksanakan bantuan tembakan dalam operasi serangan maupun Artileri Strike.

Lebih lanjut menurut Danpussenarmed, Alutsista tersebut merupakan salah satu senjata andalan Korps baret cokelat, disamping awak pucuknya harus mumpuni salam tugas dan tanggungjawabnya dalam hal penembakan. Selain itu juga memerlukan pemeliharaan secara efektif dan efisien, sehingga seluruh materiel peralatan tersebut selalu dalam kondisi siap pakai guna menunjang kesiapan satuan jajaran TNI Angkatan Darat khususnya Armed dalam melaksanakan tugas pokoknya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan