Kodam V/Brawijaya

Danramil Diwek, Selenggarakan Acara Pembinaan Jaring Teritorial

Dibaca: 51 Oleh 20 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Danramil 0814/02 Diwek membuka acara Pembinaan Peta Jarak dan Jaring Teritorial TA. 2015 bagi anggota Koramil dan masyarakat mitra Babinsa, pada hari Kamis 19 Nopember 2015, bertempat  di Aula PEPABRI  Diwek, Jl. Jombang -Malang, Kecamatan Diwek, Kab Jombang.

Dalam arahannya, Danramil 0814/02 Diwek Kapten Inf Nasrulloh mengatakan  bahwa penyelenggaraan kegiatan pembinaan Peta Jarak dan Jaring Teritorial bagi prajurit Koramilnya, adalah sebagai media atau sarana pembinaan mitra karib, dalam rangka mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas pokok, Koramil melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial yang merupakan fungsi utama TNI – AD, dimana pelaksanaan Pembinaan Teritorial dalam aplikasinya dilaksanakan dengan merekrut mitra karib terpilih, dan membentuk serta membina jaring sebagai perpanjangan tangan aparat Komando Kewilayahan, dalam upaya mendapatkan berbagai informasi di wilayahnya, guna mendukung dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Lebih lanjut Kapten Inf Nasrulloh mengatakan, bahwa Fungsi teritorial merupakan kekuatan pertahanan, sekaligus merupakan fungsi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, bahwa TNI sebagai alat pertahanan Negara mempunyai tugas pokok menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara KesatuanRepublik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara.

Pengarahan Danramil 0814/02 Diwek di sambut baik oleh masyarakat dengan penuh antusias,  karena masyarakat dapat  mengetahui apa yang menjadi ancaman bangsa yang kurang dapat difahami oleh masyarakat, khususnya tentang Rasa,  Jiwa dan Semangat Kebangsaan, serta Nasionalisme. Dan salah satu tokoh masyarakat yang menghadiri acara tersebut mengungkapkan pendapatnya bahwa,  dapat dirasakan di era sekarang bahwa  sebagian generasi muda kurang peduli dan lemah kemauan untuk  memahami nilai – nilai luhur bangsa,  mudah meniru budaya asing seperti perayaan Valenteen, merayakan tahun baru dengan minum  minuman beralkohol , dimana hal tersebut tidak sesuai dengan norma budaya Bangsa Indonesia, dan kegiatan pembinaan Jaring tersebut  harus sering dilaksanakan , agar masyarakat dapat memperoleh informasi tentang permasalahan bangsa di wilayah, sehingga kepada generasi penerus bangsa dapat dihindarkan dari degradasi moral yang dapat merusak NKRI.

 Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Kec Diwek, Para Kepala Desa serta para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat, dan selesai dalam keadaan aman dan lancar. Authentifikasi : Kapenrem 082/CPYJ, Mayor Arm Imam Duhri.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel