Kodam V/Brawijaya

Danramil Wonosalam Sampaikan Taat Aturan dan Hukum Yang Berlaku Pada Peserta Pelatihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

Dibaca: 33 Oleh 19 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Komandan Koramil (Danramil) 0814/17 Wonosalam, Kapten Chb Samsul memberikan materi NKRI tentang belanegara kepada 148 siswa dan siwi peserta Pelatihan Dasar Kepemimpinan Osis (LDK) se-Kab.Jombang yang meliputi SMP/MTs, SMA/SMK/MAN negeri/swasta, hal ini dilakukan sebagai salah satu rangkaian kegiatan LDK yang tengah dilaksanakan Dinas Pendidikan Jombang di Cinta Alam Indonesia (CAI) Desa Sambirejo Kec.Wonosalam, Rabu (18/11).

Penyuluhan belanegara ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara,  menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara, melestarikan budaya serta menjalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945. “Kalau bukan kita yang  menjaga dan mempertahankan Negara ini, siapa lagi,” kata Kapten Chb Samsul. Dia juga menambahkan,  kita sebagai bangsa merdeka harus bisa mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai peran dan kegiatan,  salah satunya adalah dengan peduli pada situasi yang terjadi,  dimulai dari lingkungan kita masing – masing.
Selain memberikan materi tentang belanegara,  Danramil juga menyampaikan materi tentang taat aturan dan hukum yang berlaku di negeri ini,  karena jika itu dilanggar sudah pasti ada hukumannya. Pelajar juga diminta untuk ikut menjaga kondusifitas dilingkungannya masing-masing. “bentuk kepedulian lainnya dalam berbangsa dan bernegara,  kita harus mau dan tau persis apa itu hokum atau pun kegunaannya. Sebagai contoh, di jalan raya kami  masih banyak melihat pelajar saat mengendarai sepeda motor tidak memakai helm, ” katanya.
Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelajar bahwa dirinya adalah warga negara NKRI yang memiliki UUD 1945  dan Pancasila dan juga meningkatkan pemahaman akan hak dan kewajibannya, mempunyai rasa bangga dan cinta tanah air serta rela berkorban demi kepentingan Negara dan bangsa.(Penrem 082/CPYJ).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel