Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

Danrem 031/WB Pimpin Pembersihan Pantai Dumai

Dibaca: 143 Oleh 13 Jan 2024Tidak ada komentar
Danrem 031/WB Pimpin Pembersihan Pantai Dumai
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan,. S.AP,. M.Han, memimpin dan meninjau langsung kegiatan karya bakti pembersihan pantai Dumai dan penanaman pohon mangrove di Hutan Bakau Pantai Kampung Nelayan Kota Dumai, Jumat (12/1/2024).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 031/WB, kegiatan yang dilakukan di Pantai Nelayan Kota Dumai ini bertujuan tidak hanya sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai, namun juga untuk menjaga kelestarian ekosistem bakau yang menjadi bagian penting dalam mitigasi risiko banjir di Kota Dumai.

Kegiatan hari ini merupakan kegiatan Karya Bakti dalam pelaksanaannya pembersihan pantai dan penanaman Bakau di mana melibatkan TNI-Polri, BPBD, Satpol PP Kota Dumai, Organisasi Pemuda, Pramuka, Pelajar, Organisasi masyarakat Ikapad, FKPPI, PPM dan Menwa serta warga di wilayah pantai.

Dalam sambutannya, yang disampaikan Danrem kegiatan karya bakti ini berdasarkan perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dan telah didelegasikan kepada satuan kewilayahan..

“Bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah upaya meminimalisir terjadinya banjir di Kota Dumai, yang seringkali dipicu oleh masalah sampah dan berkurangnya area bakau, ” ujar Danrem .

Baca juga:  Sambut Ramadhan, Kodam I/BB Gelar Lomba MTQ dan Azdan

Kegiatan karya bakti ini bukan hanya sebagai langkah singkat, melainkan sebagai investasi jangka panjang dalam mencintai lingkungan.

Dengan penanaman pohon mangrove dan pembersihan pantai di berbagai lokasi, termasuk Pantai Bandar Bakau, kawasan mangrove, dan lokasi kuliner nelayan, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan Kota Dumai.

Sementara itu, Walikota Dumai yang diwakili oleh Asisten I H.Yusrizal,S.Sos,MSi, menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini. Ia menekankan bahwa kepedulian terhadap lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan kewajiban bersama masyarakat,” ujar Asisten I H.Yusrizal, S.Sos, M.Si.

Tokoh aktivis lingkungan mangrove, Darwis Muhammad Saleh, juga ikut serta dalam kegiatan ini. Dengan pengalamannya dalam pelestarian mangrove, Darwis memberikan pandangan tentang pentingnya menjaga ekosistem bakau sebagai upaya melindungi kota dari potensi banjir.

Kehadiran tokoh seperti Darwis memberikan inspirasi kepada peserta kegiatan untuk terus mencintai alam dan menjaga keberlanjutan upaya pelestarian lingkungan tetap terjaga, serta terus berinvestasi amal dengan mencintai lingkungan. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel