Kodam III/Siliwangi

Danrem 061/SK Ajak Ormas dan LSM Tingkatkan Jiwa Bela Negara dan Wasbang Upaya Cegah Perselisihan Antar Kelompok

Dibaca: 3 Oleh 14 Okt 2021Tidak ada komentar
Danrem 061/SK Ajak Ormas dan LSM Tingkatkan Jiwa Bela Negara dan Wasbang Upaya Cegah Perselisihan Antar Kelompok
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id- Saat ini komunikasi sosial dengan komponen bangsa sangat diperlukan, selain untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi sosial tentunya dapat dijadikan sebagai sarana memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa untuk memperkokoh NKRI.

Hal itu dijelaskan oleh Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. didampingi para Kasi Korem usai memberikan sambutan pada kegiatan Komunikasi Sosial bersama Komponen Masyarakat, Ormas, LSM dan Keluarga Besar Tentara (KBT) yang digelar di lapangan Indoor Makorem 061/SK, Rabu (13/10/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 061/SK, Kamis (14/10/2021), dengan mengusung tema “Menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa Dalam Bingkai NKRI “, kegiatan Komsos bersama komponen masyarakat ini dilaksanakan untuk mewujudkan hubungan antara prajurit TNI AD dengan komponen bangsa lainnya termasuk Ormas dan LSM agar lebih harmonis serta menumbuhkan kesadaran bela Negara bagi komponen bangsa lainnya serta mencegah perselisihan antar ormas yang belakangan ini kerap kali terjadi.

” Melalui Komsos, diharapkan dapat mendukung tugas pokok TNI AD dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI, ” tutur Danrem.

Danrem 061/SK Ajak Ormas dan LSM Tingkatkan Jiwa Bela Negara dan Wasbang Upaya Cegah Perselisihan Antar Kelompok

Pada kesempatan tersebut, Danrem menyampaikan bahwa Ia menyambut baik diselenggarakannya kegiatan Komunikasi Sosial ini, yang mana kegiatan ini salah satunya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, dengan harapan akan menumbuhkembangkan sikap dan perilaku kesadaran bagi seluruh peserta yang hadir untuk menjadi patriot bangsa yang bermoral Pancasila.

“Oleh karena itu, ikatan kebersamaan seperti ini perlu kita tumbuh kembangkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang memang sangat diperlukan dalam menghadapi berbagai kesulitan dan permasalahan bangsa saat ini, ” kata Danrem.

pada kesempatan tersebut Danrem berpesan kepada para peserta dari Ormas yang mengikuti kegiatan ini, untuk dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari kegiatan yang akan dilaksanakan ini, karena sebagai generasi penerus bangsa kita harus mampu menanamkan nilai-nilai Pancasila, menumbuhkan kesadaran Bela Negara serta wawasan kebangsaan guna menanamkan kembali nilai-nilai luhur dan kepribadian bangsa yang dahulu menjadi salah satu budaya panutan bangsa-bangsa lain di dunia.

“Saya juga ingin mengajak kepada semuanya, untuk senantiasa memantapkan komitmen moral dan kejuangan kita, dalam menyatukan tekad dan langkah guna mewujudkan cita-cita perjuangan dengan bekerja keras, disiplin, ulet, jujur, patuh dan taat serta penuh pengabdian kepada bangsa dan negara, ” imbuhnya.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, selalu memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua, dalam melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai bersama ini, ” tukas Danrem.

Danrem 061/SK Ajak Ormas dan LSM Tingkatkan Jiwa Bela Negara dan Wasbang Upaya Cegah Perselisihan Antar Kelompok

Dan selain itu Danrem juga menyajikan Materi Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Jati diri Bangsa yang sesungguhnya serta menjelaskan terkait empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang 1945 kemudian NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan hal penting yang harus diimplementasikan dalam wadah kehidupan kebangsaan bangsa negara Indonesia.

Selain Brigjen TNI Achmad Fauzi yang juga memberikan materi terkait kegiatan Komsos kali ini, sebagai Narasumber lainnya yang juga memberikan materi pada komsos tersebut yaitu Drs. Mangahit Sinaga, MM
Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan konflik Bakesbangpol Kota Bogor. Dalam materinya ia juga membahas tentang persatuan dan kesatuan bangsa serta tentang kecintaan akan tanah air yang harus ditanamkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Usai penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi dialog/tanya jawab, yang mana sesi tersebut dimanfaatkan oleh perwakilan dari lima wilayah jajaran Korem 061/SK.

Hadir pada kegiatan tersebut yaitu perwakilan dari beberapa organisasi masyarakat yang berada
di wilayah jajaran Korem 061/Suryakencana, antara lain Menwa, Pemuda Pancasila, BPPKB Banten, Paguyuban Maung Bodas Siliwangi, KBT FKPPI, GM FKPPI HIPAKAD, UMKM, dan Pencinta Alam. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel