Skip to main content
Kodam III/Siliwangi

Danrem 061/SK Beri Bantuan Sembako Kepada Pengungsi Bencana Tanah Longsor di Kota Bogor

Dibaca: 115 Oleh 16 Okt 2022Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Danrem 061/Surya Kencana Brigjen TNI Rudi Saladin M.A beserta Ketua Persit KCK Koorcab Korem 061/SK memberika bantuan sembako bagi para pengungsi korban tanah longsor di Bogor, Jawa Barat.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 061/SK, Minggu (16/10/2022), hujan yang turun terus menerus dengan intensitas tinggi di wilayah Kota Bogor dan sekitarnya mengakibatkan terjadinya bencana alam tanah longsor di beberapa tempat diantaranya terjadi di Jl. Veteran Kelurahan Kebon Kalapa Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor.

Akibat dari peristiwa tersebut, banyak warga di wilayah sekitar yang terdampak dan sementara waktu diungsikan di Aula Masjid Jami’ Nurul Ikhlas di Jalan Raya Veteran.

Seperti diketahui kejadian tanah longsor tersebut terjadi pada Kamis malam, 13 Oktober 2022 karena hujan yang terjadi terus menerus di Kota Bogor, longsor menimpa rumah keluarga Warsih pada Rabu sore. Ada empat korban selamat, yaitu Zaenal (65), Ika (55), Nada (14) dan Adel (16). Pada Kamis dini hari pukul 02.29 WIB ditemukan satu korban dalam kondisi meninggal. Terhitung sore ini sudah ditemukan 2 korban lainnya dalam keadaan meninggal atas nama Dini (54) dan Iwan (24), 1 korban lagi atas nama Warsih alias Cici (57) masih tertimbun longsor dan saat ini masih terus dilakukan pencarian oleh BPBD Kota Bogor beserta instansi terkait.

Baca juga:  Kasdam III/Siliwangi Membuka Ust Tingkat Kompi Yonkav-4/Tank

Dampak bencana alam tanah longsor tersebut mengakibatkan rumah masyarakat tidak dapat dihuni karena rawan longsor susulan, terdapat 55 KK yang mengungsi yang terdiri dari 139 jiwa, ucap staf Kelurahan Kebon Kalapa.

“Untuk membantu meringankan warga masyarakat yang terdampak tersebut, maka Korem 061/SK berkoordinasi dengan Pemda Kota Bogor untuk melakukan pencarian korban yang belum ditemukan serta menyiapkan tempat pengungsian sementara, memberikan bantuan sembako yang dikoordinir oleh Ibu Ketua Persit KCK Koorcabrem 061/SK berserta pengurus dan mendirikan tenda lapangan oleh Denbekang III/I Bogor untuk menyiapkan makan bagi pengungsi yang terdampak longsor, ” ujar Danrem.

Bantuan yang diberikan oleh anggota Persit KCK Koorcabrem 061/SK diantaranya paket logistik bahan makanan pokok, sandal jepit, perlengkapan mandi, alat pembersih, mie instan, baju layak pakai, aneka snack, obat-obatan dan beberapa perlengkapan tidur seperti tempat tidur dan selimut.

Untuk memantau kondisi para pengungsi dan mengecek ketersediaan logistik, Brigjen Rudy Saladin beserta rombongan mengunjungi langsung ke tempat penngusian dan Posko bencana longsor Kebon Kelapa.

Baca juga:  Korem 061/Sk Harus Menjadi Benteng Akhir Tegaknya Negara dan Bangsa Serta Pelopor Kerukunan Umat Beragama

Turut hadir dalam rombongan mendampingi Danrem 061/Sk diantaranya Dandim 0606/kota Bogor Kolonel Inf Ali Achwan, para Kasi Kasrem 061/Sk, Dandenbekang III/1 Bogor, Pasiter Kodim 0606/Kota Bogor beserta Persit Jajaran Korem 061/SK. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel