Kodam XIV Hassanudin

Denbekang Parepare Tanami Pekarangan       

Dibaca: 97 Oleh 22 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Prajurit TNI yang bertugas di beberapa wilayah terus melakukan upaya pemanfaatan lahan tidur di komplek asrama untuk ditanami berbagai jenis tanaman yang bermanfaat bagi anggota kesatuannya. Hal ini terlihat dari aksi prajurit TNI dari Kesatuan Detasemen Bekkang parepare yang sementara ini masih proses pengolahan lahan dan direncanakan ditanami Bawang merah di lahan seluas  di lokasi asrama, Selasa (20/1). Sayuran umbi, seperti wortel, lobak,kentang, dan bawang merah. Pemilihan jenis tanaman yang akan dibudidayakan harus disesuaikan dengan kondisi halaman rumah dan iklim di sekitar lingkungan berada. Apabila lahan pekarangan yang tersedia cukup luas, maka sayuran dapat langsung ditanam di tanah, sedangkan pada lahan yang terbatas sayuran yang dapat ditanam di pot, memanfaatkan kaleng bekas, bambu, paralon, polybag, dan lain-lain.

Untuk di wilayah Denbekang VII-44-04 Kota Parepare sendiri mempunyai luas pekarangan yang tidak terlalu luas namun juga tidak dikatakan sempit. Oleh karena itu kami berinisiatif melakukan pertamanan Bawang Merah yang di bantu Penyuluh Pendamping dari Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan. , hal ini dilakukan mengingat pertamanan Bawang Merah di Kota Parepare masih jarang dilakukan serta memiliki nilai komoditi atau nilai jual yang tinggi disamping dapat membantu meringankan pengeluaran ibu-ibu rumah tangga yang berada wilayah kota parepare.

Komandan Denbekang VII-44-04 parepare Mayor Cba Faryan N.P.P.Y.S,S.Sos mengatakan, Lahan pekarangan memiliki fungsi multiguna, karena dari lahan yang relatif sempit ini, bisa menghasilkan bahan pangan seperti umbi-umbian, sayuran, buah-buahan; bahan tanaman rempah dan obat, bahan kerajinan tangan; serta bahan pangan hewani yang berasal dari unggas, ternak kecil maupun ikan. . kegiatan ini juga merupakan Implementasi dari program ketahanan pangan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodoo, salah satunya berupa pemanfaatan lahan tidur yang dimiliki kesatuan wilayah tersebut untuk semaksimal mungkin ditanami dengan tanaman atau sayuran yang dapat membantu keluarga prajurit TNI. (Penrem 142/Tatag)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel