Kodam IV/Diponegoro

Gerakan Nasional Rehabilitasi 100.000 Penyalahguna dan Pecandu Narkoba

Dibaca: 68 Oleh 04 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Badan Nakotika Nasional (BNN) Propinsi Jateng bersama Kesbangpolinmas Prov Jawa Tengah bekerjasama dengan pemerintah Kab. Sragen serta Kodim 0725/Sragen melakukan  deklarasi  gerakan  nasional  rehabilitasi  100.000  penyalah  guna  dan pecandu narkotika, dengan narasumber Kabid pertahanan ekonomi kesbang Jateng Dra. Eny Rahmawati dan KH. Muh. Dian Navi dari Ponpes Al muayyad solo yang digelar di Gedung Kartini Sragen, Selasa (1/9).

Program  rehabilitasi  yang  merupakan  salah  satu  amanat  dari  undang-undang Republik  Indonesia  nomor  35  tahun  2009  tentang  Narkotika  dimana  dalam melakukan  penanganan  masalah  narkotika  menganut  double  track  sistem  yaitu penanganan yang humanis terhadap pecandu dan penyalah guna narkoba (dengan melakukan  rehabilitasi)  dan  memberikan  hukuman  yang  berat  terhadap  para produsen,  bandar,  dan  pengedar  narkoba  (jaringan  narkoba).
“Program  ini  juga merupakan  salah  satu  strategi  pemerintah  untuk  menekan angka permintaan narkoba yang semakin tahun semakin meningkat. Sehingga guna mengurangi angka permintaan tersebut, maka para pecandu dan penyalahguna narkoba (selaku pasar utama pengedar narkoba) harus direhabilitasi dan dipulihkan”, tegas  Susanto, SH,MH Kabid penanggulangan masyarakat BNN Jateng. Rehabilitasi  narkoba  adalah  suatu  program  yang  dijalankan  yang  berguna  untuk membantu  memulihkan  orang  yang  memiliki  ketergantungan/riwayat penyalahgunaan  terhadap  narkoba  baik  dari  fisik  ataupun  psikologisnya. Rehabilitasi  narkoba dapat  dilakukan dengan program rawat  jalan  maupun rawat inap. Hal tersebut tergantung dari seberapa besar tingkat adiksi dari klien.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Sragen menyampaikan bahwa dilingkup sekolah sudah beredarnya narkoba yang saat  ini  sudah sampai  ke sekolah-sekolah kab. Sragen, maka diperlukan SDM yang baik karena untuk pembangunan kab. Sragen. Mari kita selamatkan generasi muda khususnya di kab. Sragen dari bahaya narkoba. Hadir dalam kegiatan Bupati Sragen Agus Fachurrahman, SH, MH, Bp. Giyadi dari Kesbangpolinmas Kab. Sragen, perwakilan Guru agama SLTP, SLTA negeri/swasta se Kabupaten Sragen, perwakilan Babinsa dan Persit Kodim 0725/Sragen.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel