Kodam IV/Diponegoro

Gerakan Tanam Gunakan Rice Transplanter di Srumbung

Dibaca: 41 Oleh 18 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Magelang- Gerakan tanam padi serentak bersama BPPK Kecamatan Srumbung bekerja sama program pemerintah (pajale) dengan menggunakan mesin Rice Transplanter yang di pelopori oleh Gapoktan Tani Manunggal Desa Bringin dengan Ketua BPPK Muh Calil . hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0705/Mgl, pasiter 0705 magelang, anggota DPRD fraksi PAN Sonhaji, Kabit Sarpas dan SDM Distan Bunhud Ir. H. Eko Widi Hermanto, BP2KP Ir Suryo Gunawan ,Muspika Srumbung, PPL dan BPPK Kecamatan Srumbung, Ketua Gapoktan , Kepala Desa dan perangkat Desa Bringin beserta tokoh masyarakat, (Sabtu 16/1).

Dandim 0705/Magelang Letkol Arm I Made Gede Antara, S.Sos menyampaikan terimakasih atas undangan yang diberikan kepada kami di wilayah Kecamatan Srumbung ini. Bahwa peningkatan tanam padi merupakan program pemerintah untuk meningkatkan hasil panen sehingga cadangan kita cukup.

Dandim berterimakasih kepada penyuluh pertanian di wilayah kecamatan srumbung, agar mengerti dan ikut mensuport pertanian, sehingga akan lebih meningkat dengan adanya alat Rice Transplanter dan traktor yang sudah di berikan negara. Dengan hitungan satu unit traktor per 2 hektar diharapkan akan bisa meningkatkan target hasil pertanian yang lebih baik. Sehingga apabila hasil pertanian meningkat baik akan di tambah lagi sarana dan alat pertanian seperti traktor dan alat yang sudah diberikan Negara.

“Alat ini agar di rawat seperti punya sendiri, sehingga alat tersebut akan awet masa pakainya” pesan Dandim.

Saya berpesan kepada masyarakat , agar petani di wilayah Kecamatan Srumbung bekerja bekerja dan bekerja seperti arahan/motto Presiden Jokowi. Dandim juga memerintahkan kepada danramil dan babinsa agar selalu mendata alsintan yang ada di kecamatan srumbung ini dan selalu dilaporkan. tegasnya.

Camat Srumbung Agus Purgunanto SH dalam sambutannya menyampaikan , saya mewakili masyarakat Kecamatan Srumbung banyak berterimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan rice transplanter ini. alat ini sangat berguna bagi masyarakat di Kecamatan Srumbung. Danramil 16/Srumbung Kapten Inf Sukenang menyampaikan kepada masyarakat kami seluruh anggota koramil 16/Srumbung akan selalu mendampingi dan siap membantu masyarakat untuk menunjang program pemerintah dalam ketahanan pangan maka dari itu saya mohon kerja samanya dari ppl dan petani. tuturnya.

Mardani Riyanto (PPLTHLTBPP) PPL Desa Bringin menjelaskan bahwa dalam penggunaan rice transplanter ini kelompok tani harus menggunakan baki/trail dalam penyemaian. “Dalam satu Ha sawah membutuhkan kurang lebih 150 baki, penyemaian dapat bagus menggunakan kompos dan tanah dengan banding 1:1, alat ini dapat mempercepat tanam lebih efisien, dalam satu Ha membutuhkan 6-8 jam per Ha, dibandingkan dengan manual” ucapnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel