Kodam IV/Diponegoro

Hemat Tenaga, Babinsa Koramil 02/Jepon Bantu Ngoprasikan Mesin Transplanter

Dibaca: 72 Oleh 09 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

BLORA, – Sistem pertanian poktani Prima Jaya Desa Geneng Kecamatan Jepon Blora sudah meranjak modern kini mengunakan mesin Transplanter (Mesin Tanam Padi) bantuan dari Pemerintah.

Dihamparan sawah seluas 3 hektar, hanya butuh waktu 7.5 jam untuk menanam padi, keadaan ini sungguh nyata terjadi,  kini yang dilakukan Babinsa Koramil 02/Jepon Sertu Nyamidi bersama Sutiyo poktani Prima Jaya. Sabtu (09/01)

Di sela-sela istirahat, Danramil Jepon Kapten Inf Komari menjelaskan, cara tanam dengan menggunakan mesin tanam ini bila sudah mahir hanya memerlukan waktu 1.5 jam per hektar, ditaraf belajar masih butuh waktu 2.5 jam per hektar. Menggunakan mesin tanam ini, selain lebih efisien waktu dan tenaga juga membuat tanaman rapi, karena secara otomatis mesin telah memisah-misah bibit dengan jumlah yang sama dan dalam garis yang sama pula.

Dengan menggunakan sistem ini, akan memperpendek proses olah, tanam dan petik. Mulai dari persemaian hingga panen, petani akan lebih diuntungkan dengan system ini. Jelas Danramil Jepon Kapten Inf Komari

Terpisah, Sutiyo merasa senang sekali mendapat dukungan dan bantuan dari bapak-bapak TNI Koramil Jepon dalam pendampingan mengoperasikan Transplanter (Mesin Tanam Padi), meskipun masih taraf belajar bapak-bapak TNI ini hasilnya sudah lumayan bagus. Disamping belajar mengoperasikan mesin tanam padi sekaligus memberikan semangat dan motivasi para petani di desa kami. Ujarnya (Pendim 0721/Blora)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel