Berita Satuan

Jelang Berangkat Tugas Pamtas RI-RDTL, Prajurit Yonif 742/SWY Terima Pembekalan Hukum

Dibaca: 26 Oleh 17 Feb 2021Tidak ada komentar
Jelang Berangkat Tugas Pamtas RI-RDTL, Prajurit Yonif 742/SWY Terima Pembekalan Hukum
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Jelang pemberangkatan ke wilayah perbatasan RI-RDTL, seluruh personel Yonif 742/SWY menerima pembekalan hukum dari Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI di Lapangan Trisula Yonif 742/SWY, Gebang, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 162/WB, Rabu (17/2/2021), Kepala Bidang Dukung Hukum Babinkum TNI Kolonel Chk Aloysius Agung Widi W, SH., didampingi Wadan Yonif 742/SWY Mayor Inf Aditya Nugraha dan Kakum Korem 162/WB Mayor Chk Sugito menyampaikan materi berkaitan dengan permasalahan hukum di wilayah perbatasan.

Dalam paparannya, Kolonel Chk Aloysius Agung Widi W. menyampaikan permasalahan yang sering muncul di wilayah perbatasan khususnya tindakan pelanggaran batas wilayah yang dilalukan oleh pelintas batas, tindak pidana ilegal seperti penyelundupan, illegal logging dan lainnya.

Jelang Berangkat Tugas Pamtas RI-RDTL, Prajurit Yonif 742/SWY Terima Pembekalan Hukum

Mantan Kakum Kostrad itu juga mengingatkan untuk membuat buku prosedur tetap (Protap) satuan terkait dengan pelaksanaan Satgas Pamtas untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, personel bertindak sesuai dengan ketentuan dalam Protap itu sendiri.

“Ingat, jangan buat pelanggaran maupun tindakan yang dapat merugikan satuan, namun lakukan pendekatan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat dengan harapan terciptanya keharmonisan dan kebanggaan menjadi WNI di daerah perbatasan,” tutupnya.

Di tempat terpisah, Komandan Yonif 742/SWY Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro yang akan menjadi Dansatgas Pamtas RI-RDTL,  mengucapkan terima kasih atas pembekalan yang diberikan Babinkum TNI kepada seluruh anggotanya  yang akan dipimpinnya ke daerah perbatasan.

“Ini wujud perhatian pimpinan kepada kami dan apa yang disampaikan akan menjadi pedoman bagi anggota Satgas Pamtas dalam melaksanakan tugas menjaga wilayah perbatasan,” paparnya.

Jelang Berangkat Tugas Pamtas RI-RDTL, Prajurit Yonif 742/SWY Terima Pembekalan Hukum

Selain itu Alumnus Akmil 2003 itu juga menekankan ulang agar seluruh personel yang akan melaksanakan Satgas Pamtas tidak melakukan pelanggaran maupun tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri sendiri, satuan dan citra TNI di masyarakat.

Usai memberikan pembekalan kepada 400 personel Satgas Pamtas, Kolonel Chk Aloysius Agung Widi memberikan pembekalan khusus kepada para Danpos, Danki dan staf di ruang Aula Mayonif 742/SWY. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel